9 Bidan Rebut Posisi Ketua IBI Sikka

0
3206
9 Bidan Rebut Posisi Ketua IBI Sikka
Ketua Komisi Pemilihan Febronia MD Lehang

Maumere-SuaraSikka.com: Bidan-bidan di Kabupaten Sikka berkumpul menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) IV. Sebanyak 9 bidan bakal bersaing merebut posisi Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sikka Periode 2018-2023.

Muscab IV IBI Sikka berlangsung selama 2 hari, Senin-Selasa (24-25/5) di Aula Heinrich Litbang. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sikka Romanus Woga.

Ketua Komisi Pemilihan Febronia MD Lehang menyampaikan IBI Sikka beranggotakan 715 orang. Jumlah yang banyak ini terhimpun dalam 27 ranting yakni Dinas Kesehatan Sikka, RSUD TC Hillers Maumere, dan 25 Puskesmas.

Setiap bidan, kata dia, berhak diusulkan menjadi calon ketua dengan berbagai persyaratan yang ditetapkan Komisi Pemilihan. Calon ketua diusulkan melalui ranting-ranting.

Sesuai mekanisme, setiap ranting boleh mengusulkan 5 nama calon ketua. Dari usulan nama yang masuk, Komisi Pemilihan kemudian melakukan verifikasi administrasi dan semua persyaratan lainnya.

“Yang lulus verifikasi 9 orang, dan itu yang kami tetapkan sebagai calon ketua,” ujar dia.

Contoh kertas suara pemilihan Ketua IBI Sikka

Sembilan Calon Ketua IBI Sikka yakni Silvia Efriyansi Wanti, Martina Pali, Margaretha Endang Setyawati, Irmina Klara De Rosary, Waltrudis Maria Esty, Maria Aloysia Nona Mone, Maria Magdalena, Yuana Santi Dewi Lutex, dan Aloysia Riberu.

Persaingan 9 kandidat ini bakal berlangsung kompetitif. Terdapat 70 hak suara yang tersebar pada 27 ranting. Jumlah hak suara pada setiap ranting berbeda-beda. Secara umum, gambarannya 1 suara mewakili 10 anggota aktif.

Kotak suara yang disiapkan Komisi Pemilihan

Komisi Pemilihan telah menyiapkan seluruh proses pemilihan. Bahkan mereka sudah mencetak kertas suara yang istimewa, layaknya proses pemilihan pada Pemilihan Umum.

Ketua Panitia Muscab IV IBI Sikka Esty Naging

Ketua Panitia Muscab IV IBI Esty Naging menjelaskan proses pemilihan akan berlangsung Senin (24/5) setelah acara pembukaan Muscab IBI Sikka.

Sebelum pemilihan, akan dilangsungkan sidang-sidang orgnisasi. Panitia Muscab IV IBI Sikka telah menjadwalkan pelantikan pengurus baru pada Selasa (25/5).

Wakil Bupati Sikka Romanus Woga membuka Muscab IV IBI Sikka, Senin (24/5)

Acara pembukaan Muscab IV IBI Sikka dihadiri Ketua IBI NTT Damita Palalangan, Ketua Komisi 3 DPRD Sikka Alfridus Melanus Aeng, dan Sekretaris Dinas Kesehatan Clara Francis.

Puluhan bidan hadir langsung di Aula Heinrich. Sementara itu ratusan bidan lainnya mengikuti secara virtual dari Puskesmas sambil setia dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini