Semua Lokasi Karantina Penuh Sesak Kasus Covid

0
3841
Semua Lokasi Karantina Penuh Sesak Kasus Covid
Suasana pengambilan rapid antigen di Labkesda Dinkes Sikka, Sabtu (26/6)

Maumere-SuaraSikka.com: Pusdalops BPBD Sikka, Sabtu (26/6), merilis semua lokasi karantina sudah penuh sesak dengan kasus positip Covid. Kondisi ini menguatirkan jika terjadi ledakan kasus pada hari-hari ke depan.

Lokasi di belakang Roxy Swalayan misalnya, kini hanya tersisa 3 tempat tidur dari 48 tempat tidur yang disediakan.

Di lokasi ini ada tiga bangunan berdekatan yang selama ini difungsikan sebagai tempat karantina terpusat.

Gedung.Persalinan Unit Beru, salah satu lokasi karantina terpusat yang terletak di belakang Roxy Swalayan

Pada Gedung Persalinan Unit Beru, tersedia 20 tempat tidur, di mana 19 tempat tidur sudah terisi. Lalu pada rumah dinas dokter, 12 tempar tidur semuanya sudah terisi. Kemudian 16 tempat tidur di Gedung FKUB kini menyisakan 2 tempat tidur yang kosong.

Ruang Isolasi di Dinkes Sikka

Sementara itu Ruang Isolasi Dinkes dengan kapasitas 2 tempat tidur, sudah terisi semuanya. Ada 1 pasien positip terpaksa dirawat di IGD RSUD TC Hillers Maumere.

BPBD Sikka kini membuka salah satu ruangan di kantor tersebut untuk dijadikan tempat karantina. Sebanyak 7 orang sudah mengisi lokasi yang baru itu.

Data Pusdalops BPBD Sikka menyebutkan sebanyak 55 orang yang sedang menjalani karantina terpusat di berbagai lokasi. Mereka terdiri dari 30 laki-laki dan 25 perempuan.

Pusdalops BPBD Sikka belum menyentuh data karantina pada Ruang Isolasi Covid RSUD TC Hillers Maumere dan ruang isolasi pada sejumlah Puskesmas.

Informasi yang dihimpun media ini, Ruang Isolasi Covid RSUD TC Hillers menyediakan 15 tempat tidur. Hingga Kamis (24/6), semua tempat tidur sudah terisi.

Sampai Jumat (26/6), ada 2 tempat tidur yang kosong menyusul terjadi 1 kasus kematian, dan 1 ibu hamil yang sudah sembuh dan diperbolehkan pulang.

Petugas laboratorium sedang melakukan administrasi kontak erat yang menjalani rapid antigen di Labkesda Dinkes Sikka

Pada bagian lain, sampai dengan Kamis (24/6), data Satgas Covid Sikka menyebutkan 98 orang sedang menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Sementara itu ratusan orang kontak erat, Sabtu (26/5), dikabarkan menjalani rapid antigen di beberapa tempat, seperti di Labkesda Dinkes Sikka dan Puskesmas Waipare.

Ada kekuatiran bisa saja terjadi penambahan kasus positip yang melebihi kapasitas daya tampung. Jika kondisi ini terjadi, belum diketahui strategi apa yang akan dilakukan Satgas Covid Sikka.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini