Tuah Jersey Putih

0
245
Pemain Inggris merayakan gol Harry Kane ke gawang Ukraina di perempatfinal Euro 2020, Minggu (4/7) (foto: istimewa)

Empat negara telah dipastikan lolos ke babak semifinal Euro 2020. Fakta menarik dari babak semifinal, empat tim yang lolos semua bermain dengan jersey putih.

Inggris menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal. The Three Lions lolos usai meraih kemenangan atas Ukraina pada babak perempatfinal, Minggu (4/7) dini hari WIB di Stadion Olimpico.

Empat gol Inggris dicetak Harry Kane (2 gol), Harry Maguire, dan Jordan Henderson. Inggris di bawah kendali Gareth Southgate lolos ke semifinal turnamen besar dua kali beruntun. Sebelumnya, Inggris juga lolos semifinal Piala Dunia 2018.

Inggris lolos ke babak semifinal dengan jersey putih saat bermain melawan Ukraina. Inggris melanjutkan catatan ‘magis’ jersey putih pada babak perempatfinal yang ditoreh tiga negara lainnya.

Bagi Inggris, jersey putih adalah jersey utama mereka. Sementara, jersey utama timnas Ukraina berwarna kuning. Jadi, walau menjadi tim tandang, Inggris tetap memakai jersey putih di laga perempatfinal.

Tim Denmark dengan jersey putih menghempaskan Ceko (foto: istimewa)

Pada laga sebelumnya, ada Denmark yang juga lolos ke semifinal dengan jersey putih. Denmark menang atas Republik Ceko yang pada laga perempatfinal memakai jersey merah.

Jersey utama Denmark sejatinya berwarna merah. Namun, mereka harus memakai jersey putih di saat berjumpa Ceko. Sebab, Ceko berstatus tim kandang dan berhak memakai jersey warna merah.

Sebelum Inggris dan Denmark, ada Italia dan Spanyol yang lolos ke babak semifinal dengan jersey putih saat bermain di perempatfinal.

Italia dengan jersey putih kandaskan perlawanan Belgia (foto: istimewa)

Italia sejatinya bisa memakai jersey biru, walau berstatus tandang saat berjumpa Belgia. Sebab, warna jersey utama Belgia dan Italia kontras. Belgia merah dan Italia biru. Tapi, Italia memilih memakai jersey putih.

Spanyol lolos ke semifinal dengan jersey putih (foto: istimewa)

Sementara, Spanyol harus memakai jersey putih karena Swiss yang menjadi tim kandang memakai jersey utama mereka berwarna merah. La Roja yang artinya si merah, justeru menang dengan jersey warna putih.

Tuah jersey putih menjadi diskursus menarik di kalangan penggila bola, tidak terkecuali di Maumere Kabupaten Sikka. Malah diperkirakan tuah ini akan terus mewarnai partai hidup mati di babak semifinal.*** (*/eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini