Car Free Day Mulai 1 September, Jalan Eltari Ditutup 3 Jam

0
281
Car Free Day Mulai 1 September, Jalan Eltari Ditutup 3 Jam
Foto: Kapolres Sikka Rickson PM Situmorang pose bersama Kasat Lantas dan Kadis Perhubungan saat simulasi car free day di Jalan Eltari, Selasa (28/8)
Maumere-SuaraSikka.com: Pemerintah Kabupaten Sikka menginisiatifi kegiatan car free day (CFD). Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari Sabtu, dimulai pada Sabtu (1/9) di Jalan El Tari Kelurahan Kota Uneng. Nantinya ruas jalan itu akan ditutup selama 3 jam dari jam 06.00 Wita hingga jam 09.00 Wita.
Car Free Day tidak akan menutup seluruh ruas Jalan Eltari. Ruas jalan yang ditutup yakni dari perempatan Tugu MOF hingga ke utara sampai pertigaan dekat perumahan dinas Pimpinan DPRD. Sedangkan dari perempatan Tugu MOF ke selatan sampai ke Jalan Wairklau tetap dimanfaatkan secara normal.
Ide CFD ini dibersitkan Penjabat Bupati Sikka Mekeng P. Florianus. Dia pun mengeluarkan Pengumuman Bupati Sikka Nomor HK.005/158/VIII/2018 tertanggal 28 Agustus 2018 tentang Kawasan Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day. Kapolres Sikka Rickson PM Situmorang mengapresiasi ide ini. Teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama antara Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka dan Polres Sikka.
Flori Mekeng menjelaskan warga masyarakat Kota Maumere membutuhkan kegiatan olah raga bersama keluarga tanpa perlu kuatir terhadap mobilitas kendaraan serta polusi asap kendaraan bermotor. Karena itu Car Free Day merupakan salah satu pilihan yang bisa mengakomodir kebutuhan tersebut.
Car Free Day katanya tidak saja memberi kenyamanan kepada penikmat olah raga pagi hari, tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh kelompok pengusaha kelas menengah. Para pedagang bisa ikut ambil bagian dengan berdagang di sekitar lokasi CFD. Dengan demikian, katanya, di satu sisi ada yang memperoleh kesehatan, di sisi lain ada yang bisa menambah pendapatan.
Namun demikian Flori Mekeng mengimbau masyarakat pengguna CFD agar memperhatikan masalah kebersihan. Bagi dia, kebersihan adalah faktor penting selama pelaksanaan CFD. Masyarakat diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan.
Guna memastikan Car Free Day bisa berlangsung dengan aman sesuai rencana, Dinas Perhubungan bersama Polres Sikka melakukan simulasi. Kapolres Sikka Rickson Situmorang menjelaskan pihaknya melakukan dua kali simulasi pada Selasa (28/8) dan Rabu (29/8). Simulasi dua hari dilaksanakan pada sore hari, dan berlangsung sukses.
Pada simulasi tampak dipasang dua buah plang pada perempatan Tugu MOF persisnya di depan Kantor Camat Alok, dan di pertigaan dekat rumah dinas Pimpinan DPRD Sikka. Pada plang tersebut tertulis tulisan Car Free Day Maumere Kabupaten Sikka, mohon maaf perjalanan anda terganggu. Tulisan pada plang ini sebagai pesan agar kendaraan bermotor tidak menerobos masuk ke ruas jalan CFD.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini