Jokowi dan Prabowo Tanding Ulang

0
400
Jokowi dan Prabowo Tanding Ulang
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga
Jakarta-SuaraSikka.com: Joko Widodo dan Prabowo Subianto dipastikan akan bertanding ulang pada kontestasi Pemilu Presiden Tahun 2019. Hal ini diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (20/9), menetapkan  pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.
Dua pasang calon ini ditetapkan setelah KPU melakukan verifikasi dokumen dan melihat hasil tes kesehatan. KPU menuangkan penetapan tersebut dalam Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1131/PL.02.2-KPT/06/IX/2018 tentang Penetapan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pemilihan Umum Tahun 2019.
“Dua pasangan calon yang telah mendaftar ke KPU Joko Widodo-Ma’ruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinyatakan memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu 2019,” kata Ketua KPU Arief Budiman dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (20/9/2018), sebagaimana dikutip dari kompas.com.
Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin diusung PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Hanura. Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga diusung Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera.
Menyusul penetapan KPU, Polri pun langsung mengerahkan pengamanan  terhadap Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Wakil Kepala Polri Komjen Ari Dono mengatakan setelah penetapan KPU, pihaknya mengerahkan 37 polisi untuk masing-masing calon.
“Ada 37 orang yang dilatih untuk kesiapan pengamanan yang melekat 1×24 jam,” kata Wakapolri.
Wakapolri menambahkan khusus pengamanan Jokowi sebagai presiden tetap menjadi kewenangan paspampres. Namun, jika Jokowi cuti sebagai presiden, maka pengamanan akan diambil alih Polri.
Presiden Jokowi sendiri telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 85 Tahun 2018 tentang Pengamanan dan Pengawalan Capres-Cawapres. Pertimbangan Perpres ini menyebutkan bahwa capres dan cawapres perlu mendapat pengamanan dan pengawalan secara profesional sejak penetapan sampai dengan pengumuman capres-cawapres terpilih oleh KPU.
Sementara itu dikabarkan, KPU akan melaksanakan penarikan nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Jumat (21/9) besok. Selanjutnya, pada Minggu (23/9), KPU akan menggelar deklarasi kampanye damai. Rencananya deklarasi kampanye damai akan digelar di Lapangan Silang Monumen Nasional Jakarta Pusat.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini