KPU Sikka Tetapkan 449 Calon DPRD Kabupaten

0
1057
KPU Sikka Tetapkan 449 Calon DPRD Kabupaten
Suasana rapat pleno penetapan daftar calon tetap di Aula Kantor KPU Sikka, Kamis (20/9)
Maumere-SuaraSikka.com: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka, Kamis (20/9), menetapkan 449 calon anggota DPRD Sikka yang akan mengikuti Pemilu 2019 mendatang. Penetapan daftar calon tetap (DCT) dilaksanakan melalui mekanisme rapat pleno yang berlangsung di  Aula Kantor KPU Sikka Jalan El Tari Dalam Kelurahan Kota Uneng Kecamatan Alok.
Rapat pleno ini dipimpin Ketua KPU Sikka Vivano Bogar yang didampingi dua komisoner yakni Jufri dan Alfonsus Hilarius Ase. Sementara dua komisoner lain yaitu Elsy Puspitasari dan Fery Soge pada saat yang sama mengikuti pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sikka di Kupang. Rapat pleno dihadiri 16 pengurus partai politik di Kabupaten Sikka.

Berita Terkait:


Sebelumnya, dalam daftar calon sementara (DCS), Minggu (12/8), KPU Sikka menetapkan sebanyak 449 orang calon wakil rakyat. Namun dalam proses selanjutnya hingga DCT, KPU Sikka hanya menetapkan 449 calon.
Jufri, komisoner KPU Sikka yang membidangi urusan teknis, menjelaskan terjadinya perubahan pada tiga partai politik yang melibatkan tiga orang calon yang terdaftar dalam DCS. Tiga partai politik itu yakni PBB, Partai Gerindra, dan Perindo.
Untuk PBB dan Perindo, diketahui ada masing-masing satu orang calon sementara dari dua partai politik itu yang meninggal dunia setelah penetapan DCS. PBB telah mengurus proses pergantian. Sementara Perindo tidak bisa melakukan proses pergantian, karena yang bersangkutan meninggal setelah batas waktu pergantian yakni maksimal 13 hari sebelum penetapan.
Sementara satu calon sementara dari Partai Gerindra mengundurkan diri karena dugaan indikasi manipulasi ijazah. Partai Gerindra telah melakukan proses pergantian calon sementara yang bersangkutan.
“Jadi dari 450 yang terdaftar pada DCS, kami tetapkan hanya 449 orang saja. Satu calon dari Perindo meninggal dunia, dan tidak bisa diproses ganti karena sudah melewati batas waktu minimal 13 hari sebelum penetapan. KPU Sikka hanya mengubah nomor urut saja. Calon yang meninggal nomor urut 1, sehingga nomor urut 2 menjadi nomor urut 1, dan begitu seterusnya,” jelas Jufri.
Sebelum menutup rapat pleno, Ketua KPU Sikka menyerahkan Surat Keputusan KPU Sikka Nomor 109.Kpts.KPU-Kab-018.433971/2018 tentang Penetapan Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Sikka pada Pemilu 2019. Semua partai politik mendapatkan surat keputusan beserta lampirannya.
Kepada semua pengurus partai politik, Vivano Bogar berpesan untuk meneruskan dokumen DCT kepada semua calon untuk dipergunakan dalam rangka kepentingan politik Pemilu 2019. Dia juga menyampaikan KPU Sikka akan mengumumkan DCT kepada publik melalui media cetak.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini