Supporter Bola Tewas Dikeroyok, PSSI Hentikan Liga I

0
227
Supporter Bola Tewas Dikeroyok, PSSI Hentikan Liga I
Menpora Imam Nahrawi menyampaikan keputusan menghentikan sementara Liga I
Jakarta-SuaraSikka.com: Sepak bola Indonesia berduka. Haringga Sirla, 23 tahun, anggota The Jak Mania, tewas mengenaskan, Minggu (23/9), akibat dikeroyok supporter Perib Bandung. Tak ayal, PSSI pun langsung menghentikan Liga I tanpa batas waktu. Demikian pun Menpora Imam Nahrawi mengeluarkan keputusan yang sama.
Dari berbagai informasi yang dirangkum media ini, disebutkan pengeroyokan itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, di luar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, jelang pertandingan Persib Bandung bentrok Persija Jakarta.
Haringga Sirla dikejar oknum supporter Persib yang berjumlah banyak orang. Mereka beteriak-teriak kalau yang dikejar adalah pendukung Jak Mania Mania atau supporter Persija. Korban yang dikejar sempat meminta tolong kepada tukang bakso di sekitar stadion.
Namun oknum suporter lain kemudian melakukan pengeroyokan dengan memukul menggunakan balok kayu, piring, botol dan benda-benda lainnya. Korban yang hanya sendirian kemudian tewas di tempat dengan keadaan yang mengenaskan. Kemudian jenazah korban langsung dibawa ke RS Sartika Asih untuk dilakukan otopsi.
Anggota Polrestabes Bandung telah melakukan upaya penangkapan para pelaku pengeroyokan. Berkat video yang beredar, polisi sementara telah mengamankan lima orang yang diduga pelaku pengeroyokan. Wakasatreskrim Polrestabes Bandung Kompol Supadma menyebut kelima orang tersebut merupakan pelaku pengeroyokan yang menewaskan Haringga Sirila.
Menyikapi kasus ini, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk menghentikan Liga 1 sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi seusai menggelar rapat dengan Exco PSSI di salah satu hotel di Jakarta, Selasa (25/9).
“Kami memutuskan menghentikan Liga 1 senior dalam pertandingan putaran kedua di 18 klub, sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Keputusan ini adalah bentuk keprihatinan PSSI atas tewasnya Haringga Sirla,” kata Edy Rahmayadi.
Dalam masa penghentian Liga 1, Edy menyatakan PSSI akan berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti PT LIB, klub, dan fans. PSSI juga akan melaporkan hal ini kepada AFC dan FIFA.
Sebelumnya, keputusan untuk menghentikan Liga I juga disuarakan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Dia secara resmi menghentikan sementara Liga Indonesia selama dua pekan terhitung sejak Selasa (25/9). Keputusan Imam Nahrawi ini terkait dengan insiden meninggalnya Haringga Sirla. Pernyataan ini dikatakan Imam Nahrawi saat jumpa pers di Kantor Kemenpora Jakarta Selatan.
“Kejadian ini bukan lagi tragedi sepak bola, tetapi nasional. Atas kejadian ini, kami sebagai pemerintah memutuskan untuk menghentikan sementara Liga Indonesia selama dua pekan,” ucap Imam Nahrawi.
Dia mengatakan penghentian dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada korban. Selain itu, selama liga dihentikan, pihaknya akan melakukan evaluasi besar dan melihat langkah-langkah yang diambil PSSI sebagai pemegang tanggung jawab.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini