Vaksin Hewan Penyebar Rabies, Menyisir Hingga ke Pelosok Dusun

0
172
Vaksin Hewan Penyebar Rabies, Menyisir Hingga ke Pelosok Dusun
Camat Kangae Marthen Luther Adji menyaksikan vaksinasi kepada seekor kucing di Dusun Wairhubing Desa Watuliwung, Selasa (16/10)
Maumere-SuaraSikka.com: Camat Kangae Marthen Luther Adji terus gencar  melakukan gerakan vaksinasi hewan penyebar rabies. Pada Selasa (16/10) dia menyisir sampai ke pelosok Dusun Watuliwung Desa Watuliwung, dan berhasil melakukan vaksinasi kepada 83 ekor anjing dan 3 ekor kucing.
Sebelumnya pada Senin (15/10), gerakan ini berhasil melakukan vaksinasi 53 ekor anjing dan 2 ekor monyet di Dusun Wairhubing Desa Watuliwung. Pada hari kedua, Selasa (16/10), melanjutkan penyisiran di Dusun Wairhubing, dan menyambangi sebagian Dusun Watuliwung. Rencananya pada Rabu (17/10) besok akan menyisir habis semua hewan penyebar rabies di Dusun Watuliwung.
Selama dua hari ini, Marthen Luther Adji didampingi Babinsa Kewapante Basilio Pinto, Babinkantibmas Kewapante Ade Selem, Kasi Trantib Kecamatan Kangae Melky Gobang, Kepala Dusun Wairhubing, Kepala Dusun Watuliwung, Linmas Desa Watuliwung, serta dua orang petugas Pos Kesehatan Hewan Kangae. Total dua hari ini sudah dilakukan vaksinasi kepada 136 ekor anjing, 2 ekor monyet dan 3 ekor kucing.

Berita Terkait:


“Sudah dua hari ini kami turun langsung ke rumah-rumah warga. Konsentrasi masih di Desa Watuliwung. Setelah selesai, nanti kami pindah ke desa-desa lain. Ada tujuh desa di kecamatan ini, dan kami akan masuk ke semua rumah penduduk. Syukur sekali selama dua hari ini warga sangat antusias,” jelas Marthen Luther Adji.
Media ini mengikuti kegiatan vaksinasi hari kedua yang dimulai pukul 10.00 Wita. Camat Kangae berjalan kaki saja masuk dari rumah ke rumah. Rumah penduduk di Dusun Wairhubing dan Dusun Watuliwung tidak saja dekat dengan jalan kabupaten, tapi ada juga yang jauh dari jalan, kurang lebih 40-50 meter.
Jika pada rumah penduduk terdapat hewan penyebar rabies seperti anjing, kucing dan monyet, Marthen Luther Adji langsung meminta pemiliknya untuk dilakukan vaksinasi. Komunikasi untuk vaksinasi tidak terlalu alot, karena sebagian besar penduduk sangat antusias dengan gerakan vaksinasi. Mereka sendiri langsung menggendong anjing atau kucing dan berhadapan dengan petugas kesehatan hewan.
Pantauan media ini, sebagian besar penduduk di Dusun Wairhubing dan Dusun Watuliwung memelihara anjing. Hewan ini rata-rata adalah penunggu rumah dan penjaga kebun. Sebagian besarnya cukup jinak, sehingga mudah sekali bagi petugas kesehatan hewan melakukan vaksinasi.
Populasi anjing di Kecamatan Kangae sebanyak 2.968 ekor. Yang sudah mendapat vaksinasi sebelum gerakan dua hari ini sebanyak 2.253 ekor. Sehingga yang belum divaksin sebanyak 715 ekor. Selama dua hari ini, vaksinasi dilakukan tidak saja kepada anjing yang belum divaksin, tapi juga vaksinasi ulang kepada anjing yang sudah pernah mendapatkan vaksinasi.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini