Indonesia Lolos, Hadapi Jepang di Perempatfinal

0
306
Indonesia Lolos, Hadapi Jepang di Perempatfinal
Gelandang Timnas U-19 Indonesia Witan Sulaeman lakukan selebrasi usai membuat gol ke gawang Timnas U19 Uni Emirat Arab di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (24/10) malam
Jakarta-SuaraSikka.com: Tim Nasional Indonesia berhasil lolos ke babak selanjutnya pada Piala Asia U19 Tahun 2018. Witan Sulaiman mencetak satu-satunya gol ke gawang Uni Emirat Arab (UEA) pada laga terakhir Grup A di Stadion Utana Gelora Bung Karno, Rabu (24/10) malam. Di perempatfinal Garuda Muda akan berhadapan dengan Jepang, yang dijadwalkan Minggu (28/10).
Sementara pada waktu yang bersamaan di di Stadion Pakansari Bogor, Qatar menghempaskan Taiwan dengan empat gol tak terbalaskan. Qatar menduduki posisi puncak klasemen akhir Grup A, diikuti Indonesia. Sedangkan UEA di peringkat ketiga, dan Taiwan terkunci di posisi buntut, terpaksa harus angkat kaki.

Berita Terkait:


Sebenarnya, UEA, Qatar, dan Indonesia sama-sama mengemas 6 poin. Dengan hasil itu dibuat klasemen kecil tanpa memperhitungkan Taiwan yang sudah pasti tersingkir. Selisih gol ketiga tim itu akan dihitung dengan menghapus jumlah gol ketiga tim saat melawan Taiwan.
Hasil akhirnya, Qatar menjadi pemuncak klasemen karena memiliki jumlah tujuh gol. Sementara Indonesia mendapat enam gol sehingga menjadi runner-up. Sedangkan UEA meraih posisi ketiga klasemen karena hanya membukukan dua gol.
Laga bentrok UEA menjadi laga yang berat bagi Indonesia. Jika bermain imbang saja, Indonesia harus lebih dulu mengepak koper, dengan asumsi Qatar akan lebih mudah mendapat poin penuh dari Taiwan.
Pada babak pertama, Indonesia langsung melakukan tekanan ke jantung pertahanan UEA. Pada menit keempat, UEA melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti, tetapi membentur pemain Indonesia dan menghasilkan tendangan sudut pertama. Pada menit ke-19, Egy Maulana Vikri mencoba melakukan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi bola masih bisa ditangkap dengan mudah oleh Suhail Abdulah.
Serangan secara membabi buta terus dilakukan oleh Garuda Muda. Akhirnya Indonesia sukses memecahkan kebuntuan pada menit ke-23 lewat aksi individu Witan Sulaiman yang kemudian melakukan tendangan keras yang menjebol gawang UEA. Gol itu kemudian bertahan hingga wasit meniupkan peluit akhir babak pertama.
Seusai jeda, UEA yang bermain dalam keadaan tertinggal berbalik tampil menekan. Pada menit ke-53 Indonesia mendapat petaka karena kapten Nurhidayat mendapatkan kartu kuning kedua dan diusir keluar lapangan.
Unggul jumlah pemain membuat UEA terus menerus menggempur pertahanan Indonesia dari segala sisi. UEA mendapat kesempatan emas lewat tendangan bebas pada menit ke-55 tetapi bola masih menyamping. Indonesia hanya bisa melakukan serangan balik dengan mengandalkan Todd Rivaldo Ferre di depan. Akhirnya skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga wasit meniupkan peluit akhir babak kedua.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini