Vivano Bogar Ingatkan PPK Jaga Integritas

0
274
Vivano Bogar Ingatkan PPK Jaga Integritas
Suasana pelantikan 38 anggota PPK Kabupaten Sikka di Aula Kantor KPU Sikka, Rabu (2/1)
Maumere-SuaraSikka.com: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka Vivano Bogar, Rabu (2/1), melantik 38 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bertempat di Aula Kantor KPU Sikka Jalan Eltari Dalam Kelurahan Kota Uneng Kecamatan Alok Kabuoaten Sikka Propinsi NTT. Dia mengingatkan agar anggota PPK yang baru dilantik menjaga integritas sebagai penyelenggara pemilihan umum.
“Yang paling penting, saya sebut terakhir, kita harus jaga integritas. Integritas itu sederhananya tidak boleh ada kesenjangan antara kata dan perbuatan. Harus jujur, dan bekerja semata-mata berdasarkan aturan,” jelas komisioner yang sebentar lagi akan purnatugas.
Dia menegaskan tidak sedikit penyelenggara pemilu yang sudah diberhentikan akibat tidak berintegritas. Menurut dia KPU Sikka tidak betah berlama-lama bekerja dengan orang yang tidak berintegritas. Karena itu dia mengingatkan agar jangan sampai PPK yang baru dilantik belakangan justeru lebih dulu pamit dari PPK yang sebelumnya.
Anggota PPK yang baru dilantik ini, masing-masing 2 orang untuk setiap kecamatan. Mestinya ada 42 anggota PPK, namun tedapat 4 orang yang tidak hadir yakni masing-masing 1 orang dari Kecamatan Tanawawo, Mego, Mapitara, dan PaluE. Mereka yang baru dilantik ini berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018 tertanggal 23 Juli 2018 terkait jumlah anggota PPK pada Pemilu 2019 berjumlah 5 orang.
Vivano Bogar berharap kehadiran anggota PPK yang baru dilantik bisa memperkuat kerja dan kinerja PPK, sehingga Pemilu 2019 dapat berlangsung dengan sukses. Anggota PPK yang baru dilantik diharapkan menjadi motor penggerak, inspirator dan motivator. Dengan demikian kerja tim bisa semkain diperkuat.
“Kalau nanti ceritanya lain, saya rasa menyesal, bersama pendamping rohani, disaksikan Forkopimda, telah melantik Bapak Ibu. Jadi dnegan 3 orang yang sudah ada, ditambah kehadiran Bapak Ibu, kita berharap nanti bisa jadi lebih baik, kerja tim dan jaga kekompakan,” harap Vivano Bogar.
Dia menambahkan pelantikan anggota PPK merupakan sebuah momen spesial karena bertepatan dengan awal tahun yang baru. Dia mengajak agar memaknai momen ini secara khusus, sehingga bisa membawa semangat baru dalam menyukseskan Pemilu 2019 di Kabupaten Sikka.
Selain itu, kata dia, momen ini jnuga menjadi sungguh berkesan karena ini adalah kesempatan pelantikan yang terakhir sebelum dia mengakhiri masa tugas sebagai Ketua KPU Sikka.
“Sebelum purnabakti, saya kira ini sungguh sebuah kesempatan yang bagus. Saya bersama Pa Alfons sudah 10 tahun, sehingga tidak lama lagi kami juga akan pamit dari panggung kepemiluan,” ujar Vivano Bogar.
Pelantikan anggota PPK ini disaksikan 4 komisioner lainnya, Asisten Pemerintahan Setda Sikka, Danlanal Maumere, Dandim 1603 Sikka, serta Ketua dan anggota Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sikka. Anggota PPK yang dilantik didampingi rohaniwan dari Katolik dan Islam.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini