Sebanyak 134 Pemilih Tambahan di Sikka

0
55
Sebanyak 134 Pemilih Tambahan di Sikka
Komisoner KPU Sikka pada Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tambahan di halaman Kantor KPU Sikka, Minggu (17/2)
Maumere-SuaraSikka.com: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka, Minggu (17/2), menggelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang berlangsung di halaman Kantor KPU Sikka yang terletak di Jalan Eltari Dalam Kelurahan Kota Uneng. Dalam rapat pleno tersebut diketahui terdapat 134 orang yang terdata sebagai pemilih tambahan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.
Pemilih tambahan merupakan pemilih yang sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) di suatu tempat pemungutan suara (TPS), yang karena keadaan tertentu tidak bisa menggunakan hak pilihnya di TPS yang bersangkutan. Untuk menggunakan hak pilih, pemilih tersebut harus mengurus surat pindah memilih atau Format A5 di Panitia Pemungutan Suara (PPS) paling lambat 30 hari sebelum pemungutan suara.
UU Pemilu menyebut beberapa macam pemilih tambahan seperti pindah memilih karena menjalankan tugas pemerintahan di tempat lain, menjalani rawat inap di rumah sakit atau keluarga yang mendampingi, penyandang disabilitas di panti sosial, menjalani rehabilitasi narkoba, tahanan, siswa atau mahasiswa yang jauh dari rumah, pindah domisili, dan korban bencana.
Untuk Kabupaten Sikka, terdapat 189 pemilih tambahan yang masuk, terdiri dari 140 pemilih laki-laki dan 49 pemilih perempuan. Semuanya tersebar di 17 kecamatan, 54 desa/kelurahan, dan 91 TPS. Sedangkan pemilih tambahan yang keluar sebanyak 47 pemilih mengurus di daerah asal dan 8 pemilih mengurus di daerah tujuan.
Pemilih tambahan masuk paling banyak di Kecamatan Waiblama sebanyak 89 pemilih, yang sebagian besar adalah pekerja di Waduk Napunggete. Menyusul setelah itu Alok Timur berjumlah 52 pemilih, Alok berjumlah 16, Talibura berjumlah 11 pemilih, dan Kangae berjumlah 10 pemilih. Pemilih tambahan keluar paling banyak dari Kecamatan Alok, Talibura, dan Hewokloang, di masing-masing 5 pemilih.
Kondisi ini mengakibatkan terjadi tambahan jumlah pemilih untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Sikka. Sebelumnya Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua DPTHP-2) menyebutkan jumlah pemilih di Kabupaten Sikka sebanyak 197.823 pemilih. Dengan demikian jumlah pemilih di Kabupaten Sikka menjadi 197.957 pemilih.
Ketua KPU Sikka Feri Soge mengatakan masih banyak pemilih tambahan yang belum mengurus Format A5. Dia menyebut misalnya para pekerja di Waduk Napunggete, belum semuanya terdata dalam daftar pemilih tambahan masuk. KPU Sikka akan melakukan pleno terakhir penetapan daftar pemilih tambahan sebelum tanggal 17 Maret 2019.
Rapat pleno penetapan daftar pemilih tambahan ini dipimpin Ketua KPU Sikka Feri Soge, dihadiri para komisioner Elsy Puspasari Kusuma Putri, Jupri, Herimanto, dan Yuldensia Theresiana Hesty. Komposisi komsioner KPU Sikka ini adalah yang terbaru untuk Periode 2019-2024, setelah mereka secara resmi dilantik pada Minggu (3/2) di Jakarta.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini