Vinales Pimpin Start MotoGP Qatar

0
94
Vinales Pimpin Start MotoGP Qatar
Maverick Vinales
Qatar-SuaraSikka.com: Genderang perang di atas lintasan sudah dimulai lagi. MotoGP Qatar akan membuka perhelatan ajang balap motor kelas satu dunia itu. Balapan di Sirkuit Losail, Senin (11/3) dinihari nanti, akan jadi seri pertama dari total 19 seri sepanjang tahun ini. Pembalap Yamaha Maverick Vinales dipastikan akan memimpin start.
Pada sesi kualifikasi yang dihelat di Sirkuit Losail, Sabtu (9/3) malam WIB, Vinales tampil prima. Dia langsung mencatatkan waktu 1 menit 53,844 detik.  Catatan pole ini menjadi start cukup bagus buat Vinales setelah agak menurun pada musim kedua bersama Yamaha. Dia cuma sekali membukukan start terdepan pada 2018, saat seri terakhir di MotoGP Valencia.
Dengan hasil di Losail kali ini, Vinales menilai para mekanik Yamaha sudah memahami gayanya mengendarai motor. Pembalap 24 tahun itu juga mengungkapkan masih ada yang perlu diperbaiki pada YZR-M1 tunggangannya agar lebih oke saat balapan.
“Kemarin saya merasa sangat bagus saat menunggangi motor dalam kondisi yang lebih dingin. Tapi, saya tak mengharapkan bisa melaju kencang hari ini karena sangat berangin dan treknya sangat licin, terutama pada bagian depan. Kami mencatatkan waktu yang bagus,” kata Vinales.
Marc Marquez coba mengalahkan waktu Vinales tapi usahanya sia-sia. Vinales malah menajamkan lagi catatan waktunya di kesempatan keduanya melintasi sirkuit dengan 1 menit 53,546 detik dan tidak bisa dilampaui para pembalap lain.
Marquez pada kesempatan terakhir sebenarnya ingin melewati catatan waktu Vinales tapi usahanya gagal dan harus puas di posisi ketiga dengan 1 menit 53,745 detik. Ada di antara Vinales dan Marquez adalah Andrea Dovizioso di posisi kedua.
Di urutan keempat ada pembalap Pramac Ducati Jack Miller dan menyusul debutan asal Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo di posisi kelima. Berurutan mengisi posisi 10 besar adalah Cal Crutchlow, Danilo Petrucci, Franco Morbidelli, dan Takaaki Nakagami.
Dua mantan juara dunia, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, tampil buruk di sesi kualifikasi dan harus start di luar sepuluh besar. Rossi di posisi ke-14 sementara Lorenzo setingkat di bawahnya. Lorenzo bahkan sempat mengalami crash di awal Q1 dan itu menghambat lajunya.
Meski akhirnya gagal start terdepan, Marquez tidak kecewa-kecewa amat mengingat itu sudah jadi modal bagus bersaing memperebutkan kemenangan. Apalagi kondisi sirkuit yang tidak mendukung.
“Saya sangat senang bisa berada di baris terdepan karena saya tidak tahu apakah ini sirkuit terburuk selama semusim, tapi tentu salah satu yang tersulit untuk kami dan kami sangat dekat dengan pembalap teratas,” ujar Marquez.
Siapa yang akan merayakan victory lap dinihari nanti, rasa-rasanya penggila otomotif sudah tidak sabar menunggu serunya ajang bergengsi ini.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini