AHP Nekad Naik Ojek, Demi Kunjungi Korban Longsor

0
217
Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pareira mengunjungi lokasi bencana longsor di Kampung Culu Desa Tondong Belang Kecmatan Mbeling Kabupaten Manggarai Barat, Senin (11/3)
Labuan Bajo-SuaraSikka.com: Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pareira (AHP), Senin (11/3),  nekad naik ojek di Kabupaten Manggarai Barat Propinsi NTT. Dia terpaksa melakukan itu untuk mengunjungi korban bencana banjir dan tanah longsor. Wakil rakyat dari Daerah pemilihan NTT I ini pun berhasil bertemu dengan para korban.
Aksi AHP itu bukan pencitraan, apalagi berkaitan dengan statusnya sebagai salah satu calon anggota DPR RI dari PDI Perjuangan. Politisi murah senyum itu terpaksa naik ojek karena kondisi jalan dan arus lalulintas menuju lokasi bencana lumpuh total. Ojek adalah satu-satunya sarana dari dan ke lokasi bencana.
AHP menumpang ojek dari titik longsor Ceko Keorkole, yang mana pada saat itu sedang ada pengerjaan oleh alat berat. Dari situ dia berangkat menuju Kampung Culu Desa Tondong Belang Kecmatan Mbeling. Di tempat ini AHP menyampaikan turut berduka cita atas peristiwa naas yang menewaskan 8 warga akibat tertimbun tanah longsor.
Setelh bertemu dengan warga dan jajarat aparat pemerintahan di lokasi bencana, AHP menuju Posko Bantuan Kemanusiaan Korban Bencana Alam yang terletak di pinggir jalan di Melo Desa Liang Ngdara Kecamatan Mbeling. Untuk ke posko, AHP kembali menupang ojek yang dikendarai Kepala Desa Tondong Belang Frans Vidi.
AHP Nekad Naik Ojek, Demi Kunjungi Korban Longsor
AHP sedang mendengarkan keluhan warga korban bencana
Posko ini merupakan sentral pelayanan bantuan logostik bencana untuk membantu ratusan warga Kampung Cuku yang saat itu mengungsi ke rumah-rumah warga desa tetangga. AHP berkesempatan diskusi dan tukar pikiran bersama Frans Vidi, Kepala Desa Liangdara Karolus Vitalis, dan warga masyarakat setempat. Mereka berdiskusi tentang penanganan darurat bencana.
Kepala desa dan warga masyarakat menginformasikan kebutuhan korban bencana yang mesti ditangani secepatnya. Mereka mengeluhkan kebutuhan akan obat-obatan, sandang, pangan, dan penerangan listrik. Pemerintah setempat diharapkan segera mengambil langlah-langkah penanganan darurat.
Sebagai wakil rakyat, AHP serius menyikapi keluhan warga korban bencana. Dia berjanji akan segera melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Dia juga berupaya mendorong Manejemen PLN untuk secepatnya memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat bencana. Pada momen itu, AHP juga menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui posko bantuan.
Sebelum bertemu langsung korban bencana longsor di lokasi, AHP terlebih dahulu menunjungi korban bencana yang mengungsi di posko pengungsian di Kantor Bupati Manggarai Barat. Dia sempat berdiskusi dan mendengarkan berbagai keluhan dari korban bencana.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini