LTSA PPPMI Maumere Resmi Beroperasi untuk Flores dan Lembata

0
290
LTSA PPPMI Maumere Resmi Beroperasi untuk Flores dan Lembata
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo bersama Kepala Bidang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Kementerian Tenaga Kerja Yuli Adi Ratna dan Staf Ahli Menteri Nakertrans Magdalena Sigalingging sedang meninjau ruangan LTSA PPPMI Maumere yang baru diresmikan, Kamis (14/3)
Maumere-SuaraSikka.com: Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPPMI) di Maumere, akhirnya resmi beroperasi, Kamis (14/3). LTSA PPPMI menempati salah satu ruangan di Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Sikka di Jalan Eltari. Lembaga ini akan melayani PMI di Flores dan Lembata.
Ini adalah LTSA PPPMI keempat yang berada di Propinsi NTT. Sebelumnya sudah ada LTSA PPPMI untuk Propinsi NTT, terus dua lagi dibangun di Kabupaten Kupang dan Kabupaten Simba Barat Daya (SBD). Yang di Kupang untuk melayani PMI di daratan Timor, dan di SBD untuk melayani PMI dari kabupaten-kabupaten di Pulau Sumba.
Pengresmian LTSA PPPMI Maumere dilakukan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong dengan simbol menggunting pita di depan pintu masuk ruangan pelayanan. Selebrasi ini disaksikan Kepala Bidang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Kementerian Tenaga Kerja Yuli Adi Ratna dan Staf Ahli Menteri Nakertrans Magdalena Sigalingging.
Hadir juga antara lain Ketua DPRD Sikka Gorgonius Bago Bapa, Kepala Dinas Koperasi Nakertrans Propinsi NTT Sisilia Sona, Kepala Dinas Nakertrans Sikka Germanus Goleng, Kepala Dinas Nakertrans Ende Subhan Wada, Direktur Padma Indonesia Gabriel Sola, pimpinan organisasi perangkat daerah, para camat dan kepala desa.
Robby Idong memberikan apresiasi kepada Kementerian Nakertrans yang konsisten membangun LTSA PPPMI di Maumere. Dia mengibaratkan kehadiran LTSA PPPMI di Maumere sebagai bentuk kepercayaan kepada Pemkab Sikka. Karena itu dia berharap dalam kurun waktu 1 tahun ini bisa ada perubahan hebat pada LTSA PPPMI Maumere.
LTSA PPPMI Maumere Resmi Beroperasi untuk Flores dan Lembata
Petugas LTSA PPPMI di loketImigrasi sedang melayani calon PMI
Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Sikka Germanus Gomeng menjelaskan pembangunan LTSA PPPMI di Maumere bertujuan untuk melayani calon pekerja migran Indonesia guna mendapatkan informasi, edukasi dan konsultasi serta pelayanan penempatan bagi calon tenaga kerja Indonesia secara cepat, aman dan terintegrasi.
Kepala Bidang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Kementerian Tenaga Kerja Yuli Adi Ratna mengatakan LTSA PPPMI Maumere merupakan bentuk nyata komitmen Pemprop NTT dan Pemkab Sikka dalam melayani dan perlindungan yang terbaik bagi PMI. LTSA PPPMI Maumere bisa melayani calon PMI di Flores dan Lembata.
Dia menambahkan sejak tahun 2015 hingga tahun 2018, Kementerian Nakertrans sudah membentuk 31 LTSA PPPMI. Salah satu tujuan dibentuknya LTSA PPPMI di Indonesia adalah mengurangi serta mencegah penempatan PMI secara non prosedural dan pencegahan tindak pidana perdagangan orang (TPPO). LTSA PPPMI memiliki prinsip pelayanan yang cepat, mudah, transparan, pasti, terjangkau, dan biaya murah.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini