Kampanye Rapat Umum di Sikka Dibagi dalam 5 Zona

0
230
Kampanye Rapat Umum di Sikka Dibagi dalam 5 Zona
Ketua KPU Sikka Feri Soge
Maumere-SuaraSikka.com: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka menggelar Rapat Koordinasi Kampanye Rapat Umum di Aula Henrik, Kamis (21/3). Partai-partai politik peserta Pemilu 2019 bersepakat kampanye rapat umum terbagi dalam 5 zona wilayah.
Zona 1 meliputi Kecamatan Alok, Alok Timur, Alok Barat dan PaluE. Zona 2 di wilayah Kecamatan Hewokloang, Kewapante, Koting, Nele, dan Lela. Zona 3 meliputi wilayah Kecamatan Bola, Doreng, dan Mapitara. Zona 4 pada wilayah Waiblama, Talibura, dan Waigete. Dan zona 5 meliputi wilayah Paga, Mego, Tanawawo, Magepanda, Nita.
Kampanye rapat umum akan dimulai pada Minggu (24/3) dan berakhir pada Sabtu (13/4). Pelaksanaan kampanye ini berlaku untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu DPR RI, Pemilu DPRD Provinsi dan Pemilu DPRD Kabupaten. Partai-partai politik pendukung calon presiden dan wakil presiden, terikat secara otomatis dengan jadwal dan zonasi yang ditetapkan.
Dengan demikian partai politik peserta Pemilu berkampanye mengikuti zonasi pasangan Capres-Cawapres yang mereka dukung. Ada 10 partai pendukung Jokowi-Ma’ruf yaitu PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, PKB, PPP, PSI, PBB, PKPI, Perindo, dan Hanura.  Sementara, 5 partai pendukung Prabowo-Sandi adalah Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, dan Berkarya. Sistem khusus diberlakukan untuk Partai Garuda yang tidak mendukung salah satu paslon.
Mengikuti ketentuan secara nasional, maka di Kabupaten Sikka, partai politik pendukung Prabowo-Sandi akan lebih dulu melakukan kampanye rapat umum pada Minggu-Senin (24-25/3). Sementara partai politik pendukung Jokowi-Ma’ruf baru akan melakukan kampanye rapat umum pada Selasa-Rabu (26-27/3).
Seterusnya akan terjadi pergantian selama setiap dua hari. Kecuali ada aturan tertentu yang diberlakukan pada Rabu (3/4), karena bertepatan dengan hari libur nasional. Pada tanggal tersebut tidak dilakukan kampanye rapat umum. Jadwal kampanye kembali berlangsung pada Kamis (4/4). KPU Sikka akan menyusun jadwal kampanye karena terjadi perubahan sebagaimana usulan partai politik pendukung Jokowi-Ma’ruf.
Ketua KPU Sikka Feri Soge yang memimpin Rakor Kampanye Rapat Umum mengatakan zonasi kampanye yang sudah ditetapkan ini hanya berlaku untuk metode rapat umum. Sedangkan untuk metoda pertemuan terbatas yang sudah berlangsung selama ini teap dilaksanakan sebagaimana biasanya.
”Jadi zona ini hanya untuk rapat umum. Metode kampanye lain tidak menggunakan zona ini,” ujar Feri Soge yang didampingi komisioner Yuldensia Hesty.
Dia menambahkan lokasi kampanye sudah ditentukan sebagaimana rekomendasi dari pemerintah daerah setempat. Karena itu diharapkan partai-partai melakukan kampanye sesuai lokasi yang sudah ditentukan. Hal ini juga ditegaskan Pelaksana Tugas Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik Kabupaten Sikka Feri Henriquez.
Kasat Intel Polres Sikka Iptu Silferius Hardi mengingatkan partai-partai politik untuk tetap memasukkan surat pemberitahuan kampanye rapat umum kepada kepolisian. Dengan demikian aparat keamanan dapat mengantisipasi keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini