KPU Sikka Optimis Percetakan Segera Ganti Surat Suara Rusak

0
122
KPU Sikka Optimis Percetakan Segera Ganti Surat Suara Rusak
Ketua KPU Sikka Feri Soge
Maumere-SuaraSikka.com: Belasanribu surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk Kabupaten Sikka ditemukan rusak. Persoalannya karena masalah teknis percetakan. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka Feri Soge optimis pihak percetakan akan segera menggantikan surat suara yang rusak.
Sesuai data dari KPU Sikka, ada tiga jenis surat suara yang sudah disortir dan dilipat. Relawan yang melakukan aktifitas ini menemukan banyak surat suara yang rusak. Surat suara Pemilu DPR RI Dapil NTT 1 tercatat rusak sebanyak 10.613 lembar. Surat suara Pemilu DPRD Propinsi Dapil NTT 5 tercatat rusak 7.120 lembar. Dan surat suara Pemilu DPD RI tercatat rusak 797 lembar.
Sejak Jumat (22/3) pagi relawan tengah melakukan sortir surat suara Pemilu DPRD Dapil Sikka 1. Dan seterusnya akan sortir surat suara Pemilu DPRD Dapil Sikka 2, Sikka 3, dan Sikka 4. Dan pada bagian akhir relawan akan melakukan sortir surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
Feri Soge yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (22/3), mengatakan setiap hari pihaknya mengirimkan laporan kepada KPU Propinsi NTT terkait aktifitas sortir dan lipat surat suara. Dalam laporan itu antara lain termuat juga jumlah surat suara yang rusak.
“Setiap hari kami lapor perkembangannya ke (KPU) Propinsi. Dan Propinsi  melaporkan ke Pusat. Tentu KPU RI akan mengambil langkah-langkah, termasuk koordinasi dan komunikasi dengan percetakan. Karena itu kami optimis percetakan akan segara menggantikan surat suara yang rusak,” ujar Feri Soge didampingi Jurubicara KPU Sikka Herimanto.
Feri Soge mengatakan KPU Sikka diberi batas waktu melakukan sortir dan lipat suara hingga Kamis (28/3) pekan depan. Melihat perkembangan yang sementara berjalan, dia memperkirakan kegiatan sortir dan lipat surat suara bisa selesai lebih cepat dari waktu yang ditentukan.
KPU Sikka Optimis Percetakan Segera Ganti Surat Suara Rusak
Relawan sedang sortir surat suara Pemilu DPRD Kabupaten Sikka, Jumat (22/3)
Sementara itu Herimanto menambahkan pihaknya masih menunggu sejumlah logistik yang sampai sekarang belum tiba di Kantor KPU Sikka. Dia menyebutkan beberapa jenis sampul yang masih kurang seperti sampul surat suara, sampul surat suara tidak digunakan, sampul surat suara rusak atau keliru coblos, dan sampul surat suara tidak sah.
Selain itu sampul salinan Formulir Model C ke Kabupaten/Kota, sampul salinan Formulir Model C1 ke PPS, sampul salinan Formulir Model C1 ke Kabupaten/Kota, sampul Formulir Model DA KPU dan DA 1 PPWP, sampul tempat Formulir C3, C6, A5, dan sampul anak kunci.
KPU Sikka terus melakukan koordinasi dan komunikasi secara berjenjang sehingga kekurangan logistik dapat segera dipenuhi. Dengan demikian proses pengepakan yang akan dilakukan tidak mengalami hambatan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini