Bahtera Sejahtera Berikan Kontribusi Besar untuk Daerah

0
777
Bahtera Sejahtera Berikan Kontribusi Besar untuk Daerah
Asisten III Setda Sikka Konstantinus Tupen
Maumere-SuaraSikka.com: Koperasi Simpan Pinjam CU Bahtera Sejahtera di Kabupaten Sikka Propinsi NTT, menggelar RAT XII Tahun Buku 2018, Sabtu (23/3). Pemerintah setempat menyebut koperasi Ini telah memberikan kontribusi besar bagi daerah.
“Bahtera Sejahtera sebagai mitra pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para anggota. Kehadiran koperasi ini telah memberikan kontribusi besar kepada pemberdayaan ekonomi masyarakat di daerah ini. Pemerintah sampaikan terima kasih atas kebersamaan dan kemitraaan ini,” ujar Asisten III Setda Sikka Konstantinus Tupen saat membuka RAT Bahtera Sejahtera di halaman kantor itu.
Dia mengatakan RAT yang dilaksanakan termasuk lebih cepat jika dibandingkan dengan koperasi lain di daerah itu. Dari 125 koperasi yang aktif di Kabupaten Sikka, sampai saat ini yang telah melaksanakan RAT baru 20 koperasi.
RAT bagi sebuah koperasi adalah hal yang mutlak dilakukan. Karena itu merupakan ciri dan sendi utama dalam koperasi. Selain itu, katanya, RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu azas kekeluargaan.

Berita Terkait:


“Ini forum pengambilan keputusan tertinggi. RAT memperlihatkan kekuatan utama pada koperasi terletak pada anggota. Dengan demikian RAT mempunyai arti yang sangat strategis dalam pengembangan koperasi ke arah yang lebih baik,” tambah dia.
Dia mengatakan Bahtera Sejahtera tentu saja dibangun dari suatu pikiran yang besar. Dan karena itu dalam perkembangannya selalu ada kemauan untuk menjadi lebih baik. Hal itu, ujarnya, bisa terlihat dari laporan pertanggungjawaban pengurus dengan makin bertumbuhnya jumlah anggota, serta makin banyaknya aset.
Bahtera Sejahtera Berikan Kontribusi Besar untuk Daerah
Pengurus CU Bahtera Sejahtera mengalungi selendang ke Asisten III Setda Sikka
Meski demikian, kata Konstantinus Tupen, suksesnya koperasi sesungguhnya bukan hanya semata dilihat dari semakin banyak aset yang dimiliki. Sebuah koperasi pantas dan layak disebut sukses jika mampu memberikan kesejahteraan kepada anggota.
“Jadi kalau memberikan kredit, harus berupaya memberikan kredit yang bersifat produktif, di samping yang konsumtif,” imbau dia.
Konstantinus Tupen menambahkan dewasa ini terjadi persaingan ketat pada dunia lembaga keuangan, termasuk persaingan antarkoperasi. Dari persaingan itu, ujar dia, bukan tidak mungkin ada anggota yang cenderung berpindah ke koperasi yang lain.
Mewaspadai perilaku ini, Konstantinus Tupen mengingatkan pengurus dan manajemen Bahtera Sejahtera agar memiliki strategi yang baik sehingga anggota tetap merasa aman dan nyaman di koperasi tersebut.
“Berbagai strategi dan kebijakan yang dikembangkan kiranya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat serta menjadikan koperasi ini sebagai suatu lembaga keuangan non bank yang menciptakan investasi bagi anggota agar makin maju dari tahun ke tahun,” ujar dia.
Dia menambahkan saat ini koperasi masih sangat dibutuhkan. Dan itu tidak hanya terlihat pada masyarakat di desa, tetapi juga masyarakat di kota. Meskipun di kota ada banyak lembaga keuangan, namun masyarakat masih menaruh harapan besar kepada koperasi.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini