Mengenal Surat Suara Pemilu 2019

0
203
Mengenal Surat Suara Pemilu 2019
Spesimen jenis surat suara Pemilu 2019
Maumere-SuaraSikka.com: Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tinggal 18 hari lagi. Meski demikian masyarakat belum memahami benar hal-hal teknis yang akan terjadi saat hari pemungutan suara. Bahkan masyarakat tidak tahu warna serta jenis surat suara dan peruntukaannya. Mari mengenal lebih dekat jenis surat suara, sehingga tidak membingungkan.
Pada tangaal 17 April 2019 nanti, pemilih wajib mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) di mana nama pemilih terdaftar sebagai pemilih. Pemilih akan mendapatkan 5 jenis surat suara yaitu surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, surat suara Pemilu DPR RI, surat suara Pemilu DPD RI, surat suara Pemilu DPRD Propinsi, dan surat suara Pemilu DPRD Kabupaten/Kota. Di bawah ini kami merangkum penjelasan tentang masing-masing jenis surat suara yang menggunakan kertas HVS 80 gram.
Surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
Surat suara yang akan diterima berwarna abu-abu, dengan bentuk persegi panjang berukuran 22 cm x 31 cm. Cara menggunakan hak suara sangat mudah, yakni coblos sekali pada nomor, nama, atau foto calon presiden atau calon wakil presiden yang akan dipilih. Pastikan memilih hanya salah satu pasangan calon presiden dan wakilnya, dengan satu kali coblos saja.
Surat suara Pemilu DPR RI
Surat suara untuk Pemilu DPR RI berwarna kuning dengan ukuran 51 cm x 82 cm. Surat suara ini berbentuk persegi panjang dan tidak terdapat foto calon  anggota DPR RI di dalamnya. Pemilih bisa mencoblos sekali pada nomor, gambar partai politik, atau nama calon anggota DPR RI.
Surat Suara Pemilu DPD RI
Surat suara untuk Pemilu DPD RI berwarna merah dengan ukuran berbentuk persegi panjang vertikal dan horizontal. Sama dengan surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, pada surat suara jenis ini terdapat foto calon anggota DPD RI. Pemilih bisa coblos pada nomor, nama, atau foto calon anggota DPD RI yang akan dipilih.
Surat suara Pemilu DPRD Provinsi
Surat suara Pemilu DPRD Propinsi berwarna biru dengan ukuran 52 cm x 82 cm, berbentuk persegi panjang vertikal. Tidak terdapat foto calon anggota di dalamnya. Cara memilihnya sama, pemilih bisa mencoblos pada nomor, tanda gambar partai politik, atau nama calon anggota DPRD Propinsi.
Surat Suara Pemilu DPRD Kabupaten/Kota
Surat suara untuk Pemilu DPRD Kabupaten/Kota berwarna hijau dengan ukuran 51 cm x 82 cm. Tidak terdapat foto calon anggota pada surat suara ini. Cara memilihnya sama, pemilih hanya perlu coblos sekali pada nomor, gambar partai politik, atau nama calon anggota DPRD Kabupaten/Kota.
Khusus untuk Kabupaten Sikka, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat diminta untuk terus melakukan sosialisasi dan simulasi pemungutan suara sehingga memberikan kemudahan bagi warga masyarakat pemilih menyalurkan hak-hak politik. KPU Sikka telah meresponnya dengan membentuk relawan demokrasi yang bertugas untuk memberikan sosialisasi.
Selain KPU Sikka dan juga relawan demokrasi, sosialisasi akan hal-hal teknis seperti ini, diharapkan datang dari partai-partai politik peserta pemilu beserta para calon anggota DPR RI, DPRD Propinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Sosialisasi juga penting dilakukan oleh calon-calon anggota DPD RI.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini