Lusia Adinda dan AWK Dominasi Suara DPD di Sikka

0
225
Lusia Adinda dan AWK Dominasi Suara DPD di Sikka
Lusia Adinda Du’a Nurak
Maumere-SuaraSikka.com: Perolehan suara untuk DPD RI di Kabupaten Sikka sepertinya hanya untuk dua calon saja. Lusia Adinda Du’a Nurak dan Angelius Wake Kako (AWK) benar-benar mendominasi, tidak tertandingi oleh 34 calon yang lain.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka telah melakukan rekapitulasi pada 19 dari 21 kecamatan di daerah itu, atau 778 dari 894 tempat pemungutan suara (TPS). Masih ada dua kecamatan yang baru akan dilakukan rekapitulasi pada besok Senin (6/5), yakni Alok Timur dan Hewokloang.
Lusia Adinda, isteri mantan Gubernur NTT Frans Lebu Raya, sementara ini mengumpulkan 44.329 suara. Sementara AWK, mantan Ketua Presidium PMKRI, mengumpulkan 36.790 suara. Diperkirakan dari dua kecamatan yang belum rekapitulasi, dua calon ini bakal mendominasi perolehan suara.
Dari 19 kecamatan yang sudah final perhitungan suara, Lusia Adinda Du’a Nurak unggul di 13 kecamatan, yaitu Nita, Alok, PaluE, Talibura, Waigete, Kewapante, Bola, Waiblama, Alok Barat, Koting, Kangae, Doreng, dan Mapitara. Sementara AWK unggul di 6 kecamatan yaitu Paga, Mego, Lela, Nele, Magepanda, dan Tanawawo.
Pemilih di Kecamatan Kangae memberikan kontribusi suara yang paling besar untuk Lusia Adinda. Dari 10.217 pemilih yang menggunakan hak pilih, Lusia Adinda mendapat 5.028 suara atau setara 49,21 persen. Sementara kontribusi yang paling kecil berasal dari Tanawawo yakni sejumlah 770 suara.
Sebaliknya AWK mendapat kontribusi suara terbesar sejumlah 3.593 suara dari Kecamatan Paga, atau setara 42,94 persen.  Kontribusio paling kecil sejumlah 598 suara didapat dari pemilih di Kecamatan Koting.
Hingga kini belum diketahui sejauh mana hasil perolehan suara 36 calon anggota DPD RI untuk seluruh kabupaten di Propinsi NTT. Hanya 4 calon legislator pengumpul suara terbanyak yang berhak melenggang ke Jakarta.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini