Caleg yang Sudah Meninggal Dapat 23 Suara

0
163
Caleg yang Sudah Meninggal Dapat 23 Suara
Landoaldus Mekeng
Maumere-SuaraSikka.com: Landoaldus Mekeng tercacat sebagai calon anggota DPRD Sikka dari PKPI di Dapil Sikka 1. Namun mantan Sekda Flotim itu meninggal dunia dua minggu sebelum hari pemungutan suara. Meski demikian dia mendapatkan 23 suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.
Dapil Sikka 1 meliputi Kecamatan Alok, Alok Timur, Alok Barat dan PaluE. Landoaldus Mekeng mendapatkan 5 suara dari Alok, 6 suara dari Alok Barat, dan 12 suara dari Alok Timur. Di Alok, Landoaldus Mekeng mendapatkan 3 suara dari Kelurahan Kota Uneng, 1 suara dari Kelurahan Nangalimang, dan 1 suara dari Desa Pemana.
Sedangkan di Alok Timur, Landoaldus Mekeng mendapatkan 2 suara dari Kelurahan Beru, 2 suara dari Kelurahan Kota Baru, 2 suara dari Kelurahan Nangameting, 2 suara dari Kelurahan Waioti, 1 suara dari Desa Kojagete, 2 suara dari Desa Parumaan, dan 1 suara dari Desa Watugong.
Tambahan 23 suara kepada Landoaldus Mekeng, sekaligus menambah pundi-pundi bagi PKPI untuk mendapatkan kursi ke-10 atau kursi terakhir di dapil itu.  PKPI Sikka berhasil menoreh 2.406 suara di Dapil Sikka 1, terdiri dari 447 suara di Alok, 135 suara di PaluE, 805 suara di Alok Barat, dan 1.019 suara di Alok Timur.
Perolehan suara ini sudah cukup bagi PKPI mendapatkan 1 kursi Dapil Sikka 1, dan mengantar Hyginus Claudius Daga ke Gedung DPRD Sikka dengan perolehan 1.119 suara, tertinggi di antara 9 calon lainnya.
Ketua PKPI Sikka Hildegardis Sunur dengan terharu mengatakan tidak menyangka jika masih ada pemilih yang memilih Landoaldus Mekeng. Dia menilai 23 pemilih itu dengan tahu dan mau memberikan penghormatan terakhir atas dedikasi dan pengabdian Landoaldus Mekeng.
“Jadi 23 suara untuk Pa Lando itu membuktikan bahwa para pemilih sangat mencintai Pa Lando. Mereka tidak punya pilihan lain lagi. Dan itu bentuk penghormatan yang sulit diukur secara politis,” ungkap Hildegardis Sunur di Maumere, Kamis pekan lalu.
Sebagaimana diketahui nama Landoaldus Mekeng ditetapkan sebagai calon legislatif bersama 448 orang lainnya yang menjadi calon legislatif di Kabupaten Sikka. Dia pernah menjadi anggota DPRD Sikka pada periode 2009-2014 dari unsur Fraksi Partai Golkar. Setelah itu dia hengkang dari Partai Golkar dan berpindah ke PKPI Sikka.
Masuknya Landoaldus Mekeng ke PKPI, memperbesar harapan partai itu untuk meraih 1 kursi dari Dapil Sikka 1. Argumentasi politiknya sangat sederhana, karena Landoaldus Mekeng pernah menjadi anggota DPRD Sikka dengan meraih lebih dari 1.000 suara.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini