Sikka Pamer Keberagaman Budaya

0
75
Sikka Pamer Keberagaman Budaya
Peserta apel peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Umum Kota Baru Maumere, Sabtu (1/6)
Maumere-SuaraSikka.com: Apel memperingati Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6), di Lapangan Umum Kota Baru Maumere Kabupaten Sikka Propinsi NTT, berlangsung semarak. Para peserta apel mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka berbaris rapi seolah-olah sedang memamerkan keberagaman budaya.
Peserta apel didominasi oleh aparatur sipil negara (ASN), yang berbaris rapi di sisi timur lapangan upacara. Keberagaman budaya begitu kuat terlihat dari barisan para ASN. Tidak saja ASN, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila juga melibatkan pelajar dari tingkat TK sampai SMA. Para pelajar ini pun mengenakan busana adat.
Sikka Pamer Keberagaman Budaya
Beragam busaba adat saat apek peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Umum Kota Baru Maumere, Sabtu (1/6)
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong yang bertindak selaku Inspektur Upacara tidak ketinggalan pula mengenakan busana adat. Dia tampak anggun dengan pakaian adat Sikka. Demikian pun Wakil Bupati Sikka Romanus Woga dan Dandim 1603 Sikka Sugeng Prihatin terlihat mengenakan busana adat.
“Ini tidak seperti biasanya, hari ini semua mengenakan pakaian adat. Coba bayangkan hari ini terjadi di seluruh Indnesia, ada ratusan ribu adat budaya yang kita pamerkan hari ini. Indonesia lahir dari keberagaman dengan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika,” ungkap Robby Idong usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.
Terkait peeringatan hari bersejarah ini, Robby Idong meyakini bahwa semua warga masyarakat di Kabupaten Sikka sudah sangat memahami tentang arti dan makna Pancasila. Dia mendorong untuk terus menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Dia juga menyinggung situasi politik dalam negeri yang terjadi pada akhir-akhir ini. Dari situasi politik yang sedang terjadi, kata dia, mestinya memperkuat seluruh anak bangsa untuk benar-benar menghayati dan mengamalkan Pancasila.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini