KPU Sikka Buka Kotak Suara Pilpres

0
102
KPU Sikka Buka Kotak Suara Pilpres
Suasana rekapitulasi penghitungan suara pemilihan umum di PPK Alok beberapa waktu lalu
Maumere-SuaraSikka.com: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sikka rencananya besok Kamis (6/6), akan membuka kotak suara Pemilihan Presiden Tahun 2019. Hal ini dilakukan atas permintaan KPU RI dalam rangka menghadapi perselisihan hasil pemilu.
Jurubicara KPU Sikka Herimanto yang dihubungi di Maumere, Rabu (5/6) malam, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan pihaknya menerima surat dari KPU Nomor 877/PY.01.1/3D/03/KPU/V/2019 tertanggal 26 Mei 2019 yang meminta KPU Sikka menyiapkan kronologi dan daftar alat bukti atas permohonan perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).
“Ada pasangan calon presiden dan wakil presiden yang menggugat KPU RI atas keputusan penetapan hasil perolehan suara. Nah karena itu kami diminta memberikan bukti-bukti hukum yang ada dan bisa dipertanggungjawabkan kepada KPU RI. Bukti-bukti hukum itu ada di dalam kotak suara, karena itu kami harus membukanya,” jelas Herimanto.
Dia menjelaskan bahwa kegiatan membuka kotak suara merujuk kepada Pasal 95 PKPU Nomor 4 Tahun 2019 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum. Pada ayat (1) dituliskan bahwa KPU/KIP Kabupaten/Kota dapat membuka kotak suara untuk mengambil formulir yang digunakan sebagai alat bukti dalam penyelesaian perselisihan hasil Pemilu.
Untuk membuka kotak suara, sebagaimana perintah PKPU Nomor 4 tahun 2019, maka KPU Sikka akan berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Sikka dan kepolisian setempat.
“Jadi dalam proses ini kami akan melibatkan Bawaslu Sikka, kepolisian dan unsur pasangan calon, dalam hal ini TKN dan BPN yang ada di sini,” jelas dia.
Kotak suara yang akan dibuka yakni kotak suara Pilpres pada 21 PPK (panitia pemilihan kecamatan) di Kabupaten Sikkka. Setelah dibuka, KPU Sikka akan mengeluarkan formulir yang digunakan sebagai alat bukti di persidangan kemudian menggandakan.
Setelah itu formulir yang asli dimasukkan lagi ke dalam kotak suara. KPU Sikka wajib membuat berita acara pembukaaan kotak suara yang ditandatangani Ketua KPU Sikka dan Bawaslu Sikka.
Menurut Herimanto, dokumen yang dibutuhkan sebagai alat bukti di persidangan yakni daftar hadir (DA.DH-KPU), tanda terima berita acara dan sertifikat hasil model DA.TT-KPU, Model DA-KPU, DAA1 PPWP, DA1 PPWP, Modelo D.C6-KPU, dan Model DA2-KPU.
Untuk kepentingan membuka kotak suara ini, KPU Sikka telah melayangkan surat remsi kepada Bawasalu Sikka, Kapolres Sikka, saksi Paslon 01 dan saksi Paslon 02 tingkat Kabupaten Sikka, serta ketua-ketua partai politik peserta pemilu.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini