Soal Janji Beasiswa, Kesra Mantapkan Dulu Perbup Sikka

0
83
Soal Janji Beasiswa, Kesra Mantapkan Dulu Perbup Sikka
Kabag Kesra Setda Sikka Dominikus Mena da Silva
Maumere-SuaraSikka.com: Simpang siur informasi soal beasiswa yang dijanjikan Bupati Sikka, menyeret-nyeret Bagian Kesra Setda Sikka. Ternyata institusi ini lebih taktis dan strategis dengan langkah-langkah regulatif. Bagian Kesra lebih serius memantapkan dulu Peraturan Bupati (Perbup) Sikka sehingga program beasiswa benar-benar berjalan sesuai regulasi.
Kepala Bagian Kesra Setda Sikka Dominikus Mena da Silva yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/6), menjelaskan pihaknya tengah menggodok dua buah Rancangan Perbup Sikka.
Yang pertama adalah Rancangan Perbup Sikka tentang Perubahan Kedua atas Perbup Nomor 25 Tahun 2012 tentang Tata Cara Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan, Pertanggungjawaban dan Pelaporan serta Monitoring dan Evaluasi Hibah dan Bansos. Perubahan Perbup Sikka ini dilakuan menyusul adanya temuan BPK RI terhadap bantuan dana hibah dan bantuan sosial.
Dan yang kedua adalah Rancangan Perbup Sikka tentang Bantuan Biaya Pendidikan dan Beasiswa bagi Mahasiswa. Sebagaimana nomenklaturnya, Rancangan Perbup Sikka ini mengatur mekanisme dan pemberian bantuan pendidikan dan beasiswa, termasuk janji beasiswa yang disampaikan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong.
“Kami baru saja selesai menggodok dua buah Rancangan Peraturan Bupati Sikka. Dan sesuai prosedural akan kami ajukan, untuk kemudian ditetapkan menjadi Peraturan Bupati Sikka,” jelas Mena da Silva.
Dia mengakui bahwa banyak calon mahasiwa dan orang tua calon mahasiswa yang mendatangi Kantor Bagian Kesra untuk mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa dengan kuota 380 orang sebagaimana dijanjikan Bupati Sikka. Terhadap hal itu, katanya, Bagian Kesra Sikka bukannya berkeberatan melaksanakan program tersebut, namun alasannya karena dia lebih mementingkan mematangkan terlebih dulu regulasi yang mengatur pemberian  bantuan biaya pendidikan dan beasiswa.
“Kami perlu siapkan dulu regulasinya, sehingga dalam teknis pelaksanaannya tidak melenceng,” ujar dia.
Terhadap proses pendaftaran calon penerima beasiswa yang dilakukan Bagian Humas dan Protokol Setda Sikka, Mena da Silva menolak mengomentarinya. Dia hanya menegaskan bahwa Bagian Kesra akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai petunjuk teknis tentang pemberian bantuan pendidikan dan beasiswa.
Dalam Rancangan Perbup Sikka tentang Bantuan Biaya Pendidikan dan Beasiswa bagi Mahasiswa, ada sebuah kelompok kerja yang dinamakan Tim Verifikasi. Tim ini yang nantinya akan melakukan verifikasi untuk menentukan pemberian bantuan biaya pendidikan dan beasiswa bagi mahasiswa.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini