Bupati Sikka Rencanakan Rp 9 Miliar Bantuan Beasiswa di Tahun 2020

0
105
Bupati Sikka Rencanakan Rp 9 Miliar Bantuan Beasiswa di Tahun 2020
Calon mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa tampak lelah menunggu antrian
Maumere-SuaraSikka.com: Peraturan Daerah APBD Kabupaten Sikka Tahun 2019 tidak menyediakan anggaran bantuan beasiswa. Pengalaman buruk ini tidak mau diulangi lagi. Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong telah merencanakan alokasi anggaran Rp 9 miliar untuk bantuan beasiswa di tahun 2020.
Usulan Bupati Sikka itu termuat di dalam dokumen kebijakan umum anggaran dan prioritas dan plafon anggaran sementara (KUA PPAS) Tahun 2020. Dokumen tersebut sudah diserahkan Bupati Sikka kepada DPRD Sikka pada Senin (24/6), bertepatan dengan Pidato Pengantar Bupati Sikka tentang KUA PPAS.
Rencana anggaran senilai Rp 9 miliar yang disulkan Bupati Sikka, masuk dalam komponen belanja hibah. Namun dalam pidato pengantarnya, Bupati Sikka tidak memperjelas maksud dan peruntukkan belanja hibah. Beberapa fraksi di DPRD Sikka pun mempertanyakan hal itu.
Dalam keterangannya di depan paripurna, Rabu (26/6), Bupati Sikka menjelaskan anggaran belanja hibah sebesar Rp 9 miliar direncanakan sudah termasuk belanja bantuan biaya pendidikan dan beasiswa bagi mahasiwa yang pada RAPBD TA 2020 akan dianggarkan melalui pos tersendiri sesuai Peraturan Bupati Sikka Nomor 8 Tahun 2019 tentang Bantuan Biaya Pendidikan dan Beasiswa bagi Mahasiswa.
Dari informasi yang dihimpun media ini, belanja hibah itu sendiri merupakan salah satu komponen anggaran yang masuk dalam belanja operasi. Pemerintah setempat merencanakan anggaran belanja operasi sebesar Rp 587.785.686.041.
Selain belanja hibah, pemerintah setempat juga mengusulkan belanja bantuan sosial sebesar Rp 2.750.000.000. Belanja bantuan sosial biasanya  diperuntukkan juga bagi bantuan pendidikan.
Rencananya pembahasan KUA PPAS Tahun 2020 akan berlangsung selama dua hari sejak Kamis (27/6) besok. Belum diketahui bagaimana nantinya dinamika yang akan terjadi dalam pembahasan pada komisi-komisi di DPRD Sikka.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini