Hari Ini Aktifitas Terakhir, Besok Tidak Ada Lagi Pasar Pagi Terbatas

0
130
Hari Ini Aktifitas Terakhir, Besok Tidak Ada Lagi Pasar Pagi Terbatas
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo sedang meninjau Pasar Alok beberapa waktu lalu
Maumere-SuaraSikka.com: Setelah berlangsung kurang lebih 9 bulan, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong mencabut kembali kebijakan pasar pagi terbatas di TPI Alok. Praktis, Minggu (30/6) hari ini, merupakan aktifitas terakhir, karena mulai Senin (1/7) besok, tidak ada lagi yang namanya pasar pagi terbatas.
Dalam keterangannya kepada media ini beberapa waktu lalu, Bupati Sikka menegaskan aktifitas pasar pagi terbatas bakal ditutup per 1 Juli 2019. Pemerintah akan merelokasi para pedagang ke Pasar Alok di Kelurahan Kota Uneng dan Pasar Tingkat di Kelurahan Kota Baru.
Sejauh ini belum diketahui berapa jumlah pedagang yang akan direlokasi ke Pasar Alok dan Pasar Tingkat. Demikian pun belum ada informasi tentang bagaimana kesiapan sarana prasarana di Pasar Alok dan Pasar Tingkat untuk menampung pedagang yang akan direlokasi.
Beberapa pedagang yang ditemui di pasar pagi terbatas, Minggu (30/6), mengaku sudah mendengar rencana pemerintah menutup pasar pagi terbatas. Meski kecewa karena pendapatan bakal berkurang, mereka mengikuti saja kebijakan pemerintah. Yang penting buat mereka adalah pemerintah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menggelar dagangan.
Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sikka Lukman belum bisa dihubungi terkait persiapan relokasi dan kesiapan sarana prasarana di Pasar Alok dan Pasar Tingkat.
Sekretaris Satpol PP dan Damkar Adeodatus Buang da Cunha, Sabtu (29/6) malam di Wisma Kamilus, mengatakan pihaknya siap melaksanakan perintah Bupati Sikka untuk menertibkan pedagang di TPI Alok sejak Senin (1/7). Sesuai kebijakan yang terbaru, dia mengimbau para pedagang agar tidak lagi menggelar dagangan di TPI Alok.
Tampak terlihat Adeodatus Buang da Cunha sedang memberikan laporan dan informasi kepada Bupati Sikka di Wisma Kamilus terkait persiapan penertiban. Bupati Sikka malam itu berada di Wisma Kamilus untuk makan malam bersama Ofisial dan Pemain Persami Maumere yang hendak mengikuti Kompetisi Eltari XXIX Liga 3 di Kabupaten Malaka.
Pasar pagi terbatas di TPI Alok merupakan kebijakan Robby Idong yang diberlakukan setelah beberapa hari dilantik menjadi Bupati Sikka. Kebijakan ini menuai protes dari para pedagang di Pasar Alok dan Pasar Tingkat. Bahkan sempat menjadi isu politik, dan sebagai salah satu poin rencana interpelasi DPRD Sikka.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini