RSUD TC Hillers Maumere Termegah di Flores

0
280
RSUD TC Hillers Maumere Termegah di Flores
Direktur RSUD TC Hillers Maumere Clara Francis
Maumere-SuaraSikka.com: Pemerintah pusat terus memberikan perhatian serius kepada pengembangan RSUD TC Hillers Maumere yang terletak di Jalan Wairklau. Rumah sakit ini bisa menjadi yang termegah di Pulau Flores Propinsi NTT.
Saat ini tengah dikerjakan Pembangunan Gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang bersumber dari DAK Penugasan. Total pagu yang dialokasikan  sebesar Rp 43.632.389.360, untuk pembangunan fisik senilai Rp 38.526.842.055 dan sisanya untuk jasa konsultan pengawas.
Gedung IGD 3 lantai ini dibangun di atas lapangan parkir UGD saat ini. Pada lantai 1 akan terisi fasilitas ruangan UGD, ruangan laboratorium, radiologi dan CT scan. Di lantai 2 dengan ruangan kebidanan dan ruangan NICU, dan di lantai 3 terdiri dari ruangan unit stroke, ruangan intermediate care unit dan kamr operasi.
Pembangunan Gedung IGD ini merupakan tahap kedua dari lima tahap yang direncanakan. Sebelumnya, dua tahun lalu sudah dilaksanakan pembangunan tahap pertama yakni Gedung Poliklinik 3 lantai yang berdiri di atas lahan kosong dan gedung kantor lama. Adapun fasilitas di dalamnya, lantai 1 dengan ruangan poliklinik, rehab medik/fisoterapi dan instalasi farmasi, lantai 2 dengan ruangan poliklinik, poliklinik eksekutif dan ruangan hemodialisa, dan lantai 3 dengan ruangan administrasi/kantor dan aula.
Direktur RSUD TC Hillers Maumere Clara Francis dalam kesempatan peletakan batu pertama Gedung IGD, Rabu (10/7), menjelaskan pembangunan dan pengembangan rumah sakit mengacu kepada master plan. Rekomendasi master plan rumah sakit dijabarkan dalam 5 tahap pembangunan dengan total estimasi anggaran kurang lebih 160 miliar, sesuai estimasi tahun 2011.
Untuk mewujudkan rekomendasi master plan, sejak tahun 2012 manajemen RSUD TC Hillers Maumere selalu mengusulkan atau mengajukan proposal kepada pemerintah pusat agar dapat memperoleh dana pembangunan 5 tahap.
“Akhirnya setelah kurang lebih 6 tahun sejak adanya master plan, pada tahun 2017 RSUD TC Hillers Maumere mendapatkan alokasi anggaran melalui DAK untuk mewujudkan pembangunan tahap 1 yaitu Pembangunan Gedung Poliklinik. Dan pada tahun 2019, kami mendapatkan kembali alokasi anggaran dari DAK Penugasan untuk pembangunan fisik tahap 2,” jelas Clara Francis.
Sebagaimana master plan, pembangunan tahap 3 yakni gedung 3 lantai yang akan menempati bangunan UGD, radiologi dan CT scan saat ini. Fasilitasnya terdiri dari lantai 1 dengan ruangan lobi, ruangan pendaftaran pasien dan rekam medis, CDDS, laboratorium dan OK. Sedangkan lantai 2 dengan ruangan rawat inap kebidanan, dan lantai 3 dengan ruangan ICU dan ICCU.
Lalu pada tahap 4 direncanakan pembangunan rumah singgah, asrama perawat, rumah dinas dan penataan infrastrutktur yang terdiri dari landscae dan tempat parkir. Dan tahap 5 yaitu pembangunan dan pengembangan ruangan rawat inap.
Clara Francis berharap proses pembangunan Gedung IGD dapat berjalan dengan baik. Seiring dengan itu pihak manajemen terus terpacu mendapatkan semua rekomendasi master plan hingga terlaksananya lima tahap pembangunan.
“Dengan demikian RSUD TC Hillers dapat menjadi rumah sakit yang ramah, baik dari segi penataan bangunan, analisis dampak lingkungan, dan yang paling utama adalah pelayanan medis kepada masyarakat menjadi lebih baik sebagai bentuk pemenuhan hak-hak dasar,” ungkap dokter muda ini.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini