KPU Sikka Tetapkan 35 Calon Terpilih DPRD Sikka

0
521
KPU Sikka Tetapkan 35 Calon Terpilih DPRD Sikka
Komisioner KPU Sikka pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih di Aula Hotel Go Maumere, Senin (22/7)
Maumere-SuaraSikka.com: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka, Senin (22/7), menetapkan 35 calon terpilih DPRD Sikka Periode 2019-2024 berdasarkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Menurut rencana, para wakil rakyat ini akan dilantik pada akhir Agustus 2019 mendatang.
Penetapan calon terpilih DPRD Sikka melalui Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih yang berlangsung di Aula Hotel Go Maumere. Rapat Pleno itu dipimpin Ketua KPU Sikka Yohanes Krisostomus Feri, dihadiri seluruh komisioner komisi, Bawaslu Sikka, dan saksi-saksi partai politik.
Hadir dalam rapat pleno antara lain Wakil ketua DPRD Sikka Donatus David, Dandim 1603 Sikka Letkol Sugeng Prihatin, Wakapolres Sikka Kompol Iwan Iswahyudi, Ketua Partai Nasdem Yoseph Ansar Rera, Ketua Partai Hanura Fabianus Boli, Wakil Ketua Partai Gerindra Stephanus Say, dan Sekretaris Partai Golkar Yohanes Yunus Parera.
Ketua KPU Sikka Yohanes Krisostomus Feri menyebutkan tiga dokumen yang yang dipergunakan sebagai dasar dalam penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih.
Tiga dokumen itu adalah Berita Acara tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Peserta Pemilu Tahun 2019, Sertifikasi Rekapitulasi Hasil penghitungan Suara Anggota DPRD Sikka Pemilu Tahun 2019, dan Keputusan KPU Sikka tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Peserta Pemilu DPRD Sikka Tahun 2019.
Jupri, komisioner KPU Sikka, membacakan hasil penghitungan perolehan kursi partai politik pada 4 daerah pemilihan di Kabupaten Sikka. Setelah itu dia melanjutkan dengan peringkat calon terpilih, dan kemudian memastikan calon tepilih. Saksi-saksi partai politik tidak menyampaikan keberatan atas hasil yang dibacakan.
Karena tidak ada keberatan, KPU Sikka kemudian menetapkan penghitungan jumlah kursi yang diperoleh partai politik pada setiap daerah pemilihan, rekapitulasi jumlah perolehan kursi partai politik, dan nama-nama calon terpilih anggota DPRDSikka setiap partai politik pada masing-masing daerah pemilihan.
Dari hasil penetapan ini diketahui, PDI Perjuangan Sikka di bawah kepemimpinan Alexander Longginus, memenangan Pemilu 2019 dengan meraih 5 kursi, terbanyak dari partai politik lainnya. Menyusul setelah itu 4 kursi diraih masing-masing PKB, Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Hanura.
Kemudian 3 kursi diraih masing-masing Partai Gerindra, Partai Persatuan Indonesia, dan PAN. Lalu Partai Demokrat dan PKP Indonesia mendapat masing-masing 2 kursi, dan PKS meraih 1 kursi.
Wakil Ketua DPRD Sikka Donatus David yang dihubungi di Hotel Go menjelaskan setelah penetapan calon terpilih, maka Sekretariat DPRD Sikka akan memroses persiapan pelantikan. Nantinya Sekretariat DPRD Sikka akan menginformasikan melalui pimpinan partai politik calon terpilih.
Ditanya tentang jadwal pelantikan Anggota DPRD Sikka Periode 2019-2024, Donatus David calon kuat Ketua DPRD Sikka mengatakan pelantikan kemungkinan akan terjadi pada 24 Agustus 2019 atau 26 Agustus 2019.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini