Desa-Desa Persiapan di Sikka Belum Bisa Definitif Tahun Ini

0
118
Desa-Desa Persiapan di Sikka Belum Bisa Definitif Tahun Ini
Kepala Dinas Pemdes Sikka Robertus Ray bersama Sekretaris Dinas Pemdes saat rapat bersama Pansus I DPRD Sikka di Ruang Komisi II DPRD Sikka beberapa waktu lalu
Maumere-SuaraSikka.com: Sebanyak 34 desa persiapan di Kabupaten Sikka dipastikan gagal definitif pada tahun ini. Pasalnya masih ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Diperkirakan desa-desa persiapan tersebut baru defintif pada tahun depan.
Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Sikka bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sikka baru-baru ini telah membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pembentukan 34 Desa dalam Wilayah Kabupaten Sikka. Namun Ranperda ini belum bisa disetujui untuk ditetapkan menjadi Perda.
Ketua Pansus I DPRD Sikka Markus Melo dari Fraksi PAN, beralasan terdapat beberapa persyaratan teknis yang sampai dengan saat ini masih diproses oleh pemerintah setempat. Dia menyebutkan antara lain peta delineasi 34 desa persiapan, Keputusan Gubernur NTT tentang Persetujuan Pembentukan 34 Desa dalam Wilayah Kabupaten Sikka, serta Kodefikasi Desa Definitif dari Kemendagri.
“Untuk mendapatkan persyaratan teknis yang dibutuhkan maka Pemkab Sikka perlu melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Dinas PMD NTT, Badan Informasi dan Geospasial di Cibinong serta Kemendagri, sehingga proses maupun prosedur untuk melengkapi persyaratan teknis dapat dipenuhi,” ujar Markus Melo di depan paripurna DPRD Sikka tenang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Sikka TA 2018, Jumat (2/8).
Dia menambahan untuk mendapatkan persetujuan dari Kemendagri terkait Kodefikasi Desa Defitif, maka DPRD Sikka perlu membut Keputusan DPRD Sikka tentang Persetujuan terhadap Pembentukan 34 Desa dalam Wilayah Kabupaten Sikka.
Fraksi PAN meminta pemerintah setempat berkoordinasi dengan Dinas PMD NTT untuk turun ke semua desa persiapan guna melakukan uji petik kelayakan, yang menjadi dasar Gubernur NTT membuat keputusan persetujuan terhadap pembentukan 34 desa persiapan.
Mantan Kepala Pemdes Sikka Robertus Ray, yang kini menjabat Asisten 3 Setda Sikka menjelaskan sebenarnya persyaratan administrasi dan teknis sudah terpebuhi semuanya. Yang sekarang menjadi kendala adalah salah satu persyaratan fisik, berupa peta desa induk, peta desa persiapan, dan peta desa definitif setelah pemekaran.
Dia mengatakan mestinya persyaratan fisik ini sudah bisa dipenuhi tapi terkendala anggaran. Dia berharap Dinas Pemdes Sikka mengajukan tambahan anggaran pada Perubahan APBD TA 2019 sehingga tim dari Badan Informasi dan Geospasial bisa segara turun langung ke desa induk dan desa persiapan untuk menerbitkan peta.
Sebelumnya Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Roby Idong di depan paripurna DPRD Sikka pada 22 Nopember 2018, memastikan 34 desa persiapan akan menjadi definitif pada tahun 2019.
“Desa-desa persiapan, saya pastikan tahun 2019 nanti akan selesai, jadi definitif,” ungkap Robby Idong pada saat itu.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini