Listrik Padam Total, Maumere Lumpuh 7 Jam

0
308
Listrik Padam Total, Maumere Lumpuh 7 Jam
Kabel tanah yang gagal mengakibatkan listrik padam 7 jam di Kota Maumere, Sabtu (3/8)
Maumere-SuaraSikka.com: Aliran listrik di Kabupaten Sikka padam total, Sabtu (3/8), sejak pukul 05.00 Wita. Kota Maumere dan sekitarnya pun lumpuh sekitar 7 jam, akibat aktifitas yang membutuhkan arus listrik sama sekali tidak bisa dilaksanakan.
Di DPRD Sikka, rapat paripurna yang dijadwalkan pukul 09.00 Wita ditunda hingga pukul 13.00 Wita karena pengeras suara tidak berfungsi alibat listrik padam. Sedianya pagi itu ada agenda Pemandangan Umum Fraksi atas Pidato Pengantar Bupati Sikka tentang Rancangan Kebijakan Umum Perubahan dan Prioritas dan Plafon Sementara Perubahan APBD 2019.
Sejumlah pengguna ATM (anjungan tunai mandiri) mengeluh karena tidak bisa melakukan transaksi keuangan. Seperti terlihat pada mesin ATM di depan Kantor PLN Maumere di Jalan Gajah Mada, para pengguna ATM keluar dengan wajah kesal setelah mengetahui tranaksi gagal karena listrik padam.
Beberapa  pelanggan listrik di Kota Maumere sempat mendatangi Kantor PLN dan mempertanyakan penyebab pemadaman listrik. Mereka mengaku kecewa karena listrik padam sejak pagi, tanpa ada pemberitahuan resmi dari pihak yang berwenang.
Manajer PLN Flores Bagian Timur Lambas Pasaribu tidak bisa ditemui di Kantor PLN Maumere. Petugas keamanan di kantor itu mengatakan semua pejabat sedang berada di lokasi gangguan jaringan listrik. Dia mengatakan ada gangguan pada kabel tanah.
Listrik Padam Total, Maumere Lumpuh 7 Jam
Petugas PLN Maumere sedang menggali jaringan kabel tanah, Sabtu (8/3)
“Pimpinan ada di lokasi gangguan jaringan. Kalau ada komplain dari pelanggan kani diarahkan untuk menyampaikan bahwa ada gangguan jaringan. Mungkin sedikit lagi sudah menyala. Katanya jam 12.00 Wita sudah normal,” jelas Yohanes Tana, petugas keamanan.
Media ini menyaksikan sejumlah pekerja PLN Maumere sedang menggali  tanah di sebelah Jembatan Lokaria, perbatasan antara Kelurahan Waioti Kecamatan Alok Timur dan Desa Habi kecamatan Kangae. Lokasinya persis di ujung utara landasan pacu Bandara Frans Seda Maumere. Diperkirakan kabel tanah yang mengalami gangguan terjadi pada sambungan kabel.
Lambas Pasaribu yang dihubungi sesudahnya, menjelaskan listrik padam akibat terjadi kegagalan kabel tanah. Kondisi ini mengakibatkan  PLTMG Wairita gagal mengaliri arus listrik ke PLTD Wailiti. Dia belum mengetahui apa penyebab gagalnya kabel tanah.
Arus listrik mulai normal kembali sekitar pukul 12.00 Wita. Namun pasokan listrik itu baru tersedia untuk kebutuhan siang hari. Lambas Pasaribu meminta pengertian dari para pelanggan karena sementara ini pihaknya sedang terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan listrik pada malam hari.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini