Hormati Sholat Id di Lapangan Umum, Gereja Protestan Tunda Jam Ibadah

0
160
Hormati Sholat Id di Lapangan Umum, Gereja Protestan Tunda Jam Ibadah
Suasana Shalat Id di Lapangan Umum Kota Baru Maumere, Minggu (12/8)
Maumere-SuaraSikka.com: Umat Muslim di Kota Maumere Kabupaten sikka Propinsi NTT melaksanakan Sholat Id di Lapangan Umum Kota Baru, Minggu (12/8). Lokasi ini berdekaan dengan Gereja Protestan. Untuk menghormati kaum Muslim, jam ibadah di gereja pun ditunda.
Biasanya jemaat GMIT Protestan melaksanakan ibadah hari Minggu pada pukul 07.00 Wita. Namun karena bertepatan dengan Sholat Id di Lapangan Umum Kota Baru, jam ibadah ditunda hingga pukul 08.00 Wita. Sholat Id itu sendiri dimulai sekitar pukul 06.00 Wita dan berakhir pukul 07.30 Wita.
Sebagaimana diketahui, sudah sejak dari dulu, umat Muslim melaksanakan Sholat Id di Lapangan Umum Kota Baru. Di sebelah barat lapangan umum itu terletak Gereja Protestan. Sering kali terjadi jadwal ibadah yang bertabrakan, seperti yang terjadi pada Minggu (12/8). Untuk sebuah toleransi beragama yang sudah berurat akar di Kabupaten Sikka, biasanya dilakukan komunikasi untuk mendapatkan solusi toleransi.
Pantauan media ini, ribuan umat Muslim khusyuk menjalankan Shalat Id. Bertindak selaku Imam yakni Ustad Amri dengan Khotib Ustad Zainuddin Qodri. Usai Sholat Id, umat yang membawa serta koran langsung merapikan dan dikumpulkan pada tempat yang sudah disiapkan panitia.
Sholat Id berakhir sekitar pukul 07.30 Wita. Pada saat yang sama jamaat Protestan mulai mendatangi gereja yang terletak kurang lebih 10 meter dari Lapangan Umum Kota Baru. Beberapa umat yang berpapasan di jalan, langsung saling menyapa dan berjabatantangan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini