PKPI Sikka Minta Bupati Konsentrasi Pemanfaatan Sember Mata Air

0
36
PKPI Sikka Minta Bupati Konsentrasi Pemanfaatan Sember Mata Air
Ketua Fraksi PKP Indonesia Sikka Alfridus Melanus Aeng
Maumere-SuaraSikka.com: Fraksi PKP Indonesia Kabupaten Sikka menyoroti persoalan darurat kekeringan dan krisis air bersih yang terjadi di Kabupaten Sikka beberapa bulan terakhir ini. Fraksi ini meminta Bupati Sikka dalam hal ini pemerintah untuk lebih konsentrasi memanfaatkan sumber-sumber mata air.
Ketua Fraksi PKP Indonesia Sikka Alfridus Melanus Aeng menanggapi hal ini, Selasa (13/8) malam, terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada PDAM Sikka. Pemerintah setempat mengajukan Ranperda tersebut untuk dibahas bersama-sama DPRD Sikka.
“Banyak yang mengeluh karena pelayanan air minum bersih tidak maksimal, artinya tidak selama 24 jam, namun ditur 2 atau 3 hari sekali. Dengan kelihan ini mestinya pemerintah lebih berkonsentrasi pada pemanfaatan sumber-sumber mata air sebagai potensi yang harus dikelola untuk memenuhi standar pelayanan air minum bagi masyarakat,” ujar Alfridus Melanus Aeng.
Dia mengatakan ketika pemerintah lebih konsentrasi pada aspek kuantitas untuk mendapatkan jumlah pelanggan yang banyak namun tidak didukugn dengan kualitas air minum bersih yang memadai, maka hal itu hanya merupakan siatu pekerjaan yang menambah beban persoalan karena akan mejadi keluhan masyarakat.
“Untuk itu Fraksi PKP Indonesia memandang perlu intervensi pemerintah lebih jauh terkait dengan pengelolaan sumber-sumber mata air yang ada, yang selama ini hanya terdata tetapi tidak ditindaklanjuti untuk pemenuhan bagi masyarakat,” tambah dia.
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong menjelaskan bahwa dengan adanya Perda Penyertaan Modal bagi PDAM Sikka maka akan meningkatkan cakupan pelayanan kepada masyarakat untuk akses air bersih. Bupati Sikka mengajukan penyertaan modal senilai Rp 9 miliar
Terhadap penyertaan modal tersebut  akan digiunakan PDAM Sikka untuk pemasangan sambungan rumah, perluasan jaringan air, dan membangun sumber air baru.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini