Terbelit Tali Pengikat, Merah Putih Berkibar Tidak Sempuna

0
147
Terbelit Tali Pengikat, Merah Putih Berkibar Tidak Sempuna
Bendera merah putih terbelit tali saat hendak dibentangkan pada upacara peringatan HUT ke-74 RI di Lapangan Umum Kota Baru Maumere, Sabtu (17/8)
Maumere-SuaraSikka.com: Upacara peringatan HUT ke-74 RI di Lapangan Umum Kota Baru Maumere Kabupaten Sikka, Sabtu (17/8), kembali “ternoda”. Bendera merah putih terbelit tali pengikat. Akibatnya lambang negara ini berkibar tidak sempurna.
Awalnya pasukan pengibar bendera (Paskibra) secara meyakinkan tampil untuk mengibarkan bendera. Komandan Paskibra Kapten Infantri Sadiman memimpin Paskibra dengan penuh keyakinan, bergerak dari Jalan Ahmad Yani. Pelangi Nabila Sahaja Umar, siswi SMUN 1 Maumere, yang bertugas sebagai pemegang baki, juga sukses menjalankan tugasnya.
Anjeligerto Huar Naning, siswa SMAK Bunda Segala Bangsa melanjutkan tugas menerima bendera dari Pelangi Nabila Sahaja Umar. Merah putih kemudian diikat pada tali tiang bendera, siap untuk dikibarkan. Semua hadirin dalam posisi berdiri untuk mengikuti upacara khidmat kenegaraan.
Remonsius Lando, siswa SMUN 2 Maumere, kemudian membentangkan bendera merah putih. Begitu dibentangkan, ternyata tali pengikat meliliti bendera. Tidak hilang akal, Remonsus Lando bergerak cepat membetulkan tali pengikat, dan memposisikan bendera sebagaimana seharusnya.
Fahri Syahputra, siswa SMKN 3 Maumere yang bertugas sebagai pengerek bendera, langsung melaksanakan tugasnya. Dia pun mengerek bendera diiringi  Iagu kebangsaan Indonesia Raya. Namun bendera merah putih yang dikerek, sepertinya masih dalam kondisi dibelit tali pengikat. Sampai di puncak tiang bendera, merah putih berkibar tidak sempurna.
Belum diketahui apa penyebabnya sehingga tali pengikat bendera bisa membelit bendera merah putih. Padahal sewaktu gladibersih dua hari lalu, Paskibra menjalankan tugas dengan sangat sempurna. Instruktur yang selama 2 bulan memberikan latihan kepada Paskibra belum sempat dihubungi.
Terbelit Tali Pengikat, Merah Putih Berkibar Tidak Sempuna
Bendera merah putih yang dikibarkan pada upacara peringatan HUT ke-74 RI di Lapangan Umum Maumere, Sabtu (17/8)
Sampai dengan siang tadi, bendera merah putih masih dalam kondisi berkibar tidak sempurna. Dikuatirkan hal ini bisa mengganggu upacara petang nanti saat penurunan bendera merah putih.
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo bertindak sebagai Inspektur Upacara. Ini adalah untuk pertama kali Bupati Sikka yang biasa disapa Robby Idong sebagai Inspektur Upacara. Bertindak sebagai pembaca Naskah Proklamasi adalah Ketua DPRD Sikka Gorgonius Nago Bapa. Sedangkan Komandan Upacara adalah Kapten Armed Edi Hermanto.
Hadir pada saat upacara antara lain Bupati Sikka dan Wakil Bupati Sikka Periode 2013-2018 Yoseph Ansar Rera dan Paolus Nong Susar, Wakil Ketua DPRD Sikka Donatus David, Uskup Maumere Martinus Edwaldus Sedu, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Tidak tampak mantan Bupati Sikka Daniel Woda Pale yang  biasanya setiap tahun menghadari upacara peringatan kemerdekaan.
Pada tahun lalu, upacara HUT ke-73 RI juga mengalami masalah saat penurunan bendera. Kala itu, bendera tidak bisa diturunkan karena masalah tali pengait. Kristianus Sina, anggota Kodim 1603 Sikka akhirnya memanjat tiang bendera setinggi 30-an meter untuk membetulkan tali pengait. Setelah dibetulkan, bendera merah putih pun diturunkan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini