Jelang Pelantikan DPRD Sikka, Posisi Ketua Masih Teka-Teki

0
219
Jelang Pelantikan DPRD Sikka, Posisi Ketua Masih Teka-Teki
Gedung DPRD Sikka
Maumere-SuaraSikka.com: Ketua Pengadilan Negeri Maumere rencananya akan melantik DPRD Sikka Periode 2019-2024 pada Senin (26/8) mendatang. PDIP Sikka sebagai pemenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sudah pasti akan memegang palu pimpinan. Namun menjelang pelantikan, hingga kini siapa yang akan menempati posisi Ketua DPRD Sikka masih teka-teki.
Partai banteng moncong putih ini memiliki 5 orang prajurit dalam Fraksi PDIP. Mereka adalah Ambrosius Alfonsus dari Dapil Sikka 1, Darius Evensius dari Dapil Sikka 2, Stefanus Sumandi dari Dapil Sikka 3, serta Donatus David danĀ  Benediktus Lukas Raja dari Dapil Sikka 4. Kecuali Benediktus Lukas Raja, 4 anggota yang lain merupakan petahana.
Pada Periode 2014-2019, PDIP Sikka berhak atas 1 kursi unsur Pimpinan DPRD, di mana partai menunjuk Donatus David sebagai Wakil Ketua DPRD Sikka. Dia bersama Stephanus Say dari Partai Gerindra, mendampingi Ketua DPRD Sikka Rafael Raga dari Partai Golkar.
Dalam perjalanannya, Rafael Raga dan Stephanus Say mengundurkan diri karena mengikuti Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sikka Tahun 2018. Atas keputusan masing-masing partai, kemudian Rafael Raga digantikan Gorgonius Nago Bapa dan Stephanus Say digantikan Sufriyance Merison Botu. Komposisi unsir Pimpinan DPRD Sikka bertahan sampai sekarang.
Penunjukan Donatus David waktu itu masih terikat pada struktur partai yang lama di mana DPC PDIP Sikka dipimpin Alexander Longginus dan DPD PDIP NTT dipimpin Frans Lebu Raya. Saat ini struktur kepengurusan sudah berubah, PDIP Sikka dipimpin Fransiskus Roberto Diogo yang juga Bupati Sikka, sementara DPD PDIP NTT dipimpin Emy Nomleni.
Informasi dari sumber terpercaya, DPC PDIP Sikka telah mengusulkan tiga nama calon Ketua DPRD Sikka sekaligus calon Ketua Fraksi PDIP Sikka. Usulan tersebut telah disampaikan kepada DPD PDIP NTT, yang kemudian akan diteruskan ke DPP PDIP di Jakarta.
Tiga nama yang diusulkan adalah Sekretaris DPC PDIP Donatus David yang sekarang adalah Wakil Ketua DPRD Sikka, Bendahara DPC PDIP Sikka Stefanus Sumandi yang sekarang adalah Sekretaris Fraksi PDIP Sikka, dan Wakil Ketua DPC PDIP Sikka Darius Evensius yang sekarang adalah Ketua Fraksi PDIP Sikka. Hingga sekarang belum ada Keputusan DPP PDIP tentang penetapan Ketua DPRD Sikka dan Ketua Fraksi PDIP Sikka.
Ketua DPC PDIP Sikka Fransiskus Roberto Diogo belum berhasil dihubungi karena yang bersangkutan dalam posisi sebagai Bupati Sikka kini sedang berada di Malaysia.
Sekretaris DPC PDIP Sikka Donatus David yang dihubungi Jumat (23/8) pagi menjelaskan hingga sekarang DPP PDIP belum menerbitkan surat keputusan tekait penetapan Ketua DPRD Sikka. Sesuai mekanisme, katanya, calon yang diusulkan harus terlebih dahulu mengikuti fit and proper test, yang dijadwalkan pada September 2019 mendatang.
Sementara itu untuk unsur Pimpinan DPRD Sikka pada posisi Wakil Ketua DPRD, sesuai hasil Pemilu 2019, masing-masing akan ditempati PKB Sikka dan Partai Golkar Sikka. Informasi menyebutkan PKB Sikka akan mendorong Ketua DPC PKB Sikka Yoseph Karmianto Eri, dan Partai Golkar masih mempercayakan Ketua DPD II Partai Golkar Sikka Gorgonius Nago Bapa.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini