Puluhan Anak di Sikka Ikuti Lokakarya

0
120
Puluhan Anak di Sikka Ikuti Lokakarya
Peserta Lokakarya Anak pose bersama usai pembukaan kegiatan di Hotel Lokaria, Rabu (28/8)
Maumere-SuaraSikka.com: Sebanyak 64 utusan anak dari kecamatan-kecamatan di Kabupaten Sikka mengikuti Lokakarya yang berlangsung selama 3 hari. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Lokaria, Rabu-Jumat (28-30/8), dalam rangka meningkatkan partisipasi, kepemimpinan dan keterampilan serta kepribadian anak Sikka yang berkarakter.
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sikka Maria Bernadina Sada Nenu menjelaskan bahwa setiap anak berhak untuk menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima dan mencari, dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan.
Sehubungan dengan itu, pemerintah harus menjamin anak untuk dapat mempergunakan haknya dalam menyampaikan pendapat sesuai dengan usia dan tingkat kecerdasannya melalui pemenuhan hak partisipasi anak dalam pembangunan. Kebijakan partisipasi anak dalam pembangunan dilaksanakan melalui program penguatan kelembagaan pengarusutamaan gender dan anak.
Lokakarya anak merupakan event partisipasi anak yang strategis dan sekaligus  momentum penting bagi anak Sikka untuk menyuarakan dan mendiskusikan kompleksitas  permasalahan  anak  dan hak-hak  anak serta upaya perlindungan secara komprehensisf.
“Melalui lokakarya menjadi media pembelajaran bagi anak untuk meningkatkan kemampuan dalam hal organisasi dan kepemimpinan, pengambilan keputusan, dan melatih keterampilan berkomunikasi,” jelas dia.
Puluhan Anak di Sikka Ikuti Lokakarya
Penyambutan fasilittor Lokakarya Anak
Dari lokakarya anak ini, kata dia, diharapkan dapat mewujudkan anak Sikka yang memiliki kemampuan berorganisasi dan jiwa kepemimpinan yang baik, cerdas, terampil dan berdisiplin tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu akan terpilih Duta Anak Sikka untuk mengikuti Konferensi Anak Daerah Tingkat Propinsi NTT. Juga dalam kesempatan tersebut akan dibentuk Kepengurusan Forum Anak Sikka Tahun 2019-2020.
Lokakarya Anak Tingkat Kabupaten ini mengusung tema Pentingnya Kualititas Keluarga dalam Perlindungan Anak untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak dengan Sub Tema Kita Anak Indonesia Kita Gembira. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten 1 Setda Sikka Konstantinus Tupen.
Sejumlah fasilitator akan memfasilitasi kegiatan tiga hari ini. Selain fasilitator tingkat nasional, ada beberapa fasilitator tingkat kabupaten, seperti fasilitator anak yang terdiri dari anak FAS yang sudah Kelas 3 SMA, alumni FAS, Duta Anak, dan pendamping dari Dinas P2KBP3A serta lembaga kemasyarakatan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini