Vakum 4 Hari, Besok DPRD Sikka Mulai Bahas Tatib

0
58
Vakum 4 Hari, Besok DPRD Sikka Mulai Bahas Tatib
Suasana pelantikan anggota DPRD Sikka, Senin (26/8)
Maumere-SuaraSikka.com: Setelah diantik pada Senin (26/8), anggota DPRD Sikka yang baru praktis belum ada kegiatan. Empat hari mereka vakum tanpa kerja-kerja kedewanan. Para wakil rakyat itu nanti mulai beraktivitas pada Senin (2/9) dengan agenda pertama perumusan dan pembahasan tata tertib (Tatib).
Beberapa anggota DPRD Sikka yang diuhubungi terpisah mengaku telah menerima surat undangan untuk kegiatan perumusan dan pembahasan Tatib. Surat tersebut ditandatangani Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRD Sikka Donatus David dari PDIP dan Yoseph Karmianto Eri dari PKB.
Agenda ini dikabarkan akan merujuk kepada PP Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Propinsi dan Kabupaten/Kota. Draft rancangan Tatib sudah disiapkan Bagian Risalah DPRD. Tatib merupakan “buku suci” DPRD Sikka, karena nantinya seluruh mekanisme kedewanan harus bereferensi kepada peraturan tersebut.
Untuk sebuah peratiran Tatib DPRD akan memuat beragam konten seperti susunan dan kedudukan DPRD, fungsi tugas dan kewenangan DPRD, hak dan kewajiban, kewajiban anggota DPRD, fraksi-fraksi, alat kelengkapan, juga persidangan rapat dan pengambilan keputusan.
Tatib juga memuat tata cara pembentukan peraturan daerah, penetapan APBD, pembatalan dan pencabutan peraturan daerah, pertanggungjawaban bupati, pemilihan dan pemberhentian bupati/wakil bupati, kode etik, serta larangan dan sanksi.
Selain itu Tatib berisikan pemberhentian antarwaktu, penggantian antarwaktu dan pemberhentian sementara, penyidikan, pelaksanaan konsultasi, penerimaan pengaduan dan penyaluran aspirasi masyarakat, sistem pendukung DPRD, pelaksanaan tugas kelompok pakar atau staf ahli, urusan surat masuk dan surat keluar, serta tata cara perubahan tatib dan kode etik.
Dengan begitu banyak konten, agenda perumusan dan pembahasan Tatib DPRD Sikka ini diperkirakan bisa berlangsung kurang lebih 1 bulan. Selama kurun waktu itu rakyat boleh menyaksikan kualitas dan kemampuan wakil-wakil rakyat yang dipercayakan selama 5 tahun pada periode ini.
Sebagaimana diketahui, DPRD Sikka belum bisa bersidang karena sehari setelah pelantikan, Pimpinan Sementara langsung keluar derah. Donatus David berangkat ke Jakarta dalam rangka mengikuti fit and proper test Ketua DPRD Sikka yang digelar DPP PDIP. Dari tiga nama yang diusulkan DPC PDIP Sikka, hanya dua yang dipanggil yaitu Donatus David dan Stefanus Sumandi.
Sementara Yoseph Karmianto Eri menuju Kupang bersama Sekretaris DPRD Chrispinus Angelo. Belum diketahui apa agenda dua orang ini ke Kupang. Terbetik kabar, sepertinya kedua orang ini melakukan konsultasi ke Pemprop NTT terkait APBD Perubahan yang hingga sekarang belum ditetapkan akibat  penundaan oleh Bupati Sikka.*** (eny

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini