Bupati Sikka Sengaja Gagalkan Penetapan APBD Perubahan

0
63
Bupati Sikka Sengaja Gagalkan Penetapan APBD Perubahan
Suasana paripurna penetapan APBD Perubahan 2019, Senin (30/9)
Maumere-SuaraSikka.com: APBD Perubahan Sikka tahun 2019 sedianya ditetapkan pada 24 Agustus 2019 lalu bertepatan dengan hari terakhir DPRD Sikka Periode 2014-2019. Namun saat itu Bupati Sikka membatalkan paripurna secara sepihak. Fraksi Partai Nasdem menuding Bupati Sikka secara sengaja menggagalkan penetapan APBD Perubahan.
Pernyataan itu dikedepankan Ketua Fraksi Partai Nasdem Alexander Agatho Hasulie pada paripurna DPRD Sikka, Senin (30/9). Rapat paripurna dengan agenda persetujuan DPRD Sikka atas penetapan APBD Perubahan tersebut dipimpin Ketua Sementara DPRD Sikka Donatus David. Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo hadir pada kesempatan itu.
“Sesunguhnya perubahan APBD Sikka ditetapkan pada 24 Agustus 2019. Namun entah mimpi apa yang mengganggu Saudara Bupati untuk membatalkan secara sepihak. Fraksi melihat bahwa kegagalan penetapan APBD Perubahan diciptakan secara sengaja oleh Saudara Bupati dengan alasan SK Gubernur belum ada,” tegas Alexander Agatho Hasulie.
Setelah SK Gubernur diterima pada 16 September 2019, lanjutnya, seharusnya Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sikka melakukan penyempurnaan paling lama 7 hari sejak hasil evaluasi diterima. Dalam hitungan Fraksi Partai Nasdem, mestinya  jatuh tempo pada 23 September 2019.
Namun sampai dengan jatuh tempo, APBD Perubahan belum bisa ditetapkan karena masih ada kontroversi. Anggota DPRD Sikka Periode 2019-2024 tidak ingin mengambil risiko karena yang melakukan pembahasan terkait anggaran daerah sekaligus asistensi dan sinkronisasi sesungguhnya adalah TPAD dan Banggar. Sampai dengan penetapan APBD Perubahan pada Senin (30/9), Banggar yang merupakan salah satu alat kelengkapan DPRD Sikka belum terbentuk.
Fraksi Partai Nasdem berpendapat keseluruhan mekanisme proses dalam rangka pembahasan APBD Perubahan 2019 yang terjadi pada masa sidang sebelumnya adalah sah dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.
Karena itu Fraksi Partai Nasdem tetap menyetujui dokumen APBD Perubahan 2019 hasil sinkronisasi yang telah dilalukan TAPD dan Banggar pada 23 Agustus 2019, sesuai hasil evaluasi pada asistensi yang dilakukan bersama Tim Anggaran Pemprop NTT pada 21 Agustus 2019.
Fraksi Partai Nasdem merupakan satu dari empat fraksi yang menolak penetapan APBD Perubahan Sikka 2019 yang dilakukan pada Senin (30/9), dan tidak bertanggungjawab terhadap dokumen APBD Perubahan 2019.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini