Bupati Sikka Rencana Gelar Revitalisasi dan Aktualisasi Pancasila

0
62
Bupati Sikka Rencana Gelar Revitalisasi dan Aktualisasi Pancasila
Bupati Sikka pose bersama usai upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10)
Maumere-SuaraSikka.com: Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, terus mengalami tantangan. Salah satunya adalah sikap dan perilaku kehidupan yang menyimpang dari norma-norma masyarakat umum. Menghadapi itu, Bupati Sikka berencana ke depannya akan menggelar revitalisasi dan aktualisasi Pancasila.
“Pemerintah Kabupaten Sikka ke depannya akan menyelenggarakan revitalisasi dan aktualisasi Pancasila dengan prinsip menyeluruh, merata, transparan dan konsisten kepada Peserta Didik, Masyarakat, Anggota Organisasi Politik dan Organisasi Kemasyarakatan,” ujar Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo saat memimpim upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10), di Lapangan Umum Kota Baru Maumere.
Kegiatan yang akan digelar dalam bentuk pendidikan informal dan non formal, workshop, festival dan lomba cerdas cermat, melalui pendekatan edukatif, pendekatan praktis atau tindakan nyata, dan pendekatan ketelaudanan. Belum diketahui seperti apa model dan konsep rancangan kegiatan yang dimaksudkan Bupati Sikka.
Tantangan terhadap Pancasila, kata dia, seperti fenomena gunung es, yang tidak terlihat lebih banyak dibandingkan yang muncul di permukaan. Hal ini menggambarkan bahwa upaya menjawab tantangan tersebut tidak mudah. Oleh karena itu, seluruh elemen masyarakat harus bahu-membahu merespon secara serius dan bertanggung jawab memperkokoh nilai-nilai Pancasila.
Dia menegaskan Pemerintah Kabupaten Sikka secara terus-menerus memperbaiki dan membangun karakter bangsa dengan membentuk Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental Tingkat Kabupaten Sikka. Hal ini  sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2006 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental yang mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong untuk membangun budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju, makmur, dan sejahtera berdasarkan Pancasila.
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengangkat tema Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia. Para peserta upacara mengenakan beragam motif pakaian adat dari seluruh Nusantara.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini