DPRD Sikka Umumkan Pimpinan DPRD Definitif

0
92
DPRD Sikka Umumkan Pimpinan DPRD Definitif
Wakil Ketua Sementara DPRD Sikka Yoseph Karmianto Eri
Maumere-SuaraSikka.com: Pimpinan Sementara DPRD Sikka, Jumat (4/10), mengumumkan calon pimpinan definitif DPRD Sikka Periode 2019-2024. Pengumuman ini untuk kali kedua, karena sebelumnya pada pekan lalu, Pimpinan Sementara DPRD Sikka juga mengumumkan nama-nama pimpinan definitif.
Pada pekan lalu, dalam rapat paripurna, yang diumumkan adalah dua nama unsur pimpinan dari PDI Perjuangan dan PKB. PDI Perjuangan Sikka mengusulkan Donatus David sebagai Ketua DPRD Sikka, dan PKB Sikka mengusulkan Yoseph Karmianto Eri sebagai Wakil Ketua DPRD Sikka.
Satu lagi unsur Wakil Ketua DPRD Sikka dari Partai Golkar, baru diumumkan pada Jumat (4/10) melalui rapat paripurna. Partai Golkar Sikka mengusulkan Gorgonius Nago Bapa untuk duduk di kursi itu. Gorgonius Nago Bapa sebelumnya adalah Ketua DPRD Sikka pada periode sebelumnya.
Yoseph Karmianto Eri yang dihubungi usai pengumuman calon definitif Wakil Ketua DPRD Sikka dari Partai Golkar menjelaskan setelah pengumuman maka Sekretariat DPRD Sikka akan melaporkan hal tersebut kepada Bupati Sikka. Selanjutnya Bupati Sikka melaporkan hal yang sama kepada Gubernur NTT untuk mendapatkan Surat Keputusan Gubernur NTT tentang Pimpinan DPRD Sikka Periode 2019-2024.
“Hari ini juga langsung diproses ke Bupati Sikka. Nanti Bupati Sikka teruskan ke Gubernur NTT. Setelah ada SK Gubernur NTT baru kemudian akan diagendakan untuk pelantikan Pimpinan DPRD Sikka,” jelas Ketua PKB Sikka itu.
Sambil menunggu SK Gubernur NTT, sementara ini DPRD Sikka tanpa ada aktifitas. Rancangan Peraturan Tata Tertib DPRD Sikka yang sudah dibahas beberapa waktu lalu, belum bisa ditetapkan karena masih menunggu pimpinan definitif. Demikian pun alat-alat kelengkapan DPRD Sikka belum dibentuk hingga sekarang, karena harus menunggu pimpinan definitif.
Sementara itu fraksi-fraksi di DPRD sudah diumumkan pada pekan lalu, namun belum ada pengesahan karena masih menunggu pimpinan definitif. Setidaknya ada 9 fraksi di DPRD Sikka, yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PKB, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Hanura, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Perindo, Fraksi PAN, dan Fraksi Demokrat sejahtera.
Dari 9 fraksi ini terdapat 8 fraksi murni karena unsur keterwakilan minimal 3 kursi, ditambah 1 fraksi gabungan yakni Fraksi Demokrat Sejahtera yang  merupakan gabungan antara Partai Demokrat dan PKS. Sementara itu PKP Indonesa yang memiliki 2 kursi di DPRD Sikka bergabung ke dalam Fraksi PDI Perjuangan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini