Wogalirit Gagal Gelar Pilkades Serentak

0
141
Wogalirit Gagal Gelar Pilkades Serentak
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemerintahan Desa Fitrinita Kristiani
Maumere-SuaraSikka.com: Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Sikka memberikan pinalti kepada Desa Wogalirit di Kecamatan Doreng. Desa ini hampir pasti gagal menggelar Pemilihan Kepala Desa Serentak yang dijadwalkan 20 November 2019. Pasalnya sampai sekarang Panitia Pilkades belum terbentuk.
Ihwal kasus di Desa Wogalirit terungkap dalam Rapat Koordinasi Pilkades Serentak di Lantai 2 Kantor Bupati Sikka di Jalan Ahmad Yani, Selasa (15/10). Masalah ini diungkapkan secara terbuka oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemerintahan Desa Fitrinita Kristiani.
“Seharusnya untuk Pilkades Serentak Gelombang Ketiga ada 32 desa. Tapi 1 desa yaitu Desa Wogalirit yang tidak bisa laksanakan karena sampai sekarang belum ada Panitia Pilkades,” ujar mantan Camat Alok itu.
Menurut Fitrinita Kristiani, masalah utama sehingga Panitia Pilkades di Desa Wogalirit belum terbentuk, akibat dari rendahnya interpretasi terhadap regulasi. Dia mengatakan ada pihak-pihak yang melakukan interpretasi secara sendiri-sendiri, sehingga keluar dari regulasi.
Dia mengatakan Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Sikka sudah berupaya melakukan pendekatan sekaligus memberikan pemahaman, namun tidak mendapatkan titik temu. Persoalan pun berlarut-larut, hingga gagal terbentuknya Panitia Pilkades.
“Orang melakukan interpretasi secara sendiri-sendiri, seolah-olah mau membuat desa di dalam desa. Ini bahaya sekali. Untung saja hanya 1 desa,” ujar dia.
Proses pembentukan Panitia Pilkades di Desa Wogalirit akhirnya tidak bisa dilanjutkan, mengingat waktu pelaksanaan yang sudah semakin dekat. Sesuai jadwal pelaksanaan Pilkades Serentak, pembentukan Panitia Pilkades di tingkat desa, normalnya berlangsung pada dua minggu terakhir di bulan Agustus 2019.*** (eny

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini