Aplikasi Laut Nusantara, Cara Terkini Menangkap Ikan

0
74
Aplikasi Laut Nusantara, Cara Terkini Menangkap Ikan
Direktur Teknologi PT XL Yessy D Yosetya memberikan handphone kepada nelayan Desa Aewora, Senin (28/10)
Ende-SuaraSikka.com: Sebagian besar masyarakat Desa Aewora di Kecamatan Maurole Kabupaten Ende Propinsi NTT hidup dari melaut. Kini mereka sudah dimanjakan dengan cara mudah dan terkini untuk menangkap ikan. Para melayan tinggal melakukan konektivitas melalui aplikasi Laut Nusantara.
Direktur Teknologi PT XL Yessy D Yosetya, Senin (28/10), di Desa Aewora, menjelaskan aplikasi Laut Nusantara merupakan program khusus yang dibuat untuk komunitas nelayan. Dengan program ini, para melayan tidak lagi mencari ikan di laut, tetapi sudah mendeteksi posisi ikan dan keudian menangkapnya.
“Mereka sudah tahu di mana ikan tersebut berada. Dengan kemajuan teknologi, aplikasi ini bisa menentukan titik-titik di mana ada ikan. Jadi kalau  dulu nelayan mencari ikan, nah sekarang dengan aplikasi Laut Nusantara, kami sebut nelayan langsung menangkap ikan,” ujar dia.
Manajemen PT XL Axiata telah memberikan sosialisasi kepada sebanyak 50 nelayan yang masuk dalam komunitas ini. Dalam sosialisasi selama 1 hari, para nelayan diajarkan bagaimana mengakses aplikasi secara sempurna hingga pada akhirnya mendapatkan petunjuk tentang posisi keberadaan ikan.
Direktur Teknologi PT XL Axiata Yessy D Yosetya mengapresiasi komunitas nelayan di Desa Aewora yang sangat antusias mengikuti sosialisasi. Dia berharap aplikasi Laut Nusantara bisa menjadi referensi penting untuk menambah pendapatan para melayan.
Asisten 1 Setda Ende Kornelis Wara menyambut gembira semangat PT XL Axiata yang telah berbagi ilmu teknologi menangkap ikan kepada para nelayan. Dia berharap dengan aplikasi Laut Nusantara, para nelayan tidak kesulitan mendapatkan ikan, yang mana dampaknya adalah kuota ikan di pasaran juga ikut meningkat.
“Nelayan sudah diberi ilmu khusus, harapannya ikan kita sudah tidak kurang lagi. Jadi kami mayarakat juga sudah tidak susah lagi mencari ikan di pasaran,” harap dia.
Dalam kesempatan acara pengresmian BTS USO XL Axiata di Desa Aewora, PT XL Axiata membagikan handphone kepada 5 orang nelayan. Handphone tersebut dimaksudkan untuk difungsikan saat nelayan melakukan aktifitas melaut dengan memanfaatkan aplikasi Laut Nisantara.
Aplikasi Laut Nusantara, Cara Terkini Menangkap Ikan
Asisten 1 Setda Ende menyerahkan bantuan fasilitas internet kepada perwakilan SMAS Jhon Paul 2 Maumere
Selain aplikasi Laut Nusantara, PT XL Axiata juga melancarkan program Sisternet yang diperutukkan bagi kaum perempuan. Program ini pun sudah disosialisasikan kepada para ibu di desa tersebut.
Sebuah program lain dari PT XL Axiata yakni bernama Berbagi Kasih. Program ini dilaksanakan di Maumere Kabupaten Sikka, di mana PT XL Axiata memberikan fasiliitas internet kepada sejumlah sekolah di Kota Maumere, seperti SMAN 1 Mauere, SMAN 2 Maumere, SMAS Jhon Paul II, dan SMK Santio Thomas Maumere.
Yessy D Yosetya berharap fasilitas internet yang dibagikan kepada sekolah-sekolah, bisa membantu para pelajar dan pengajar untuk memanfaatkan konektvitas internet dalam rangka memajukan pendidikan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini