DPRD Sikka Resmi Miliki Pimpinan Definitif

0
100
DPRD Sikka Resmi Miliki Pimpinan Definitif
Pelantikan Pimpinan DPRD Sikka, Selasa (29/10)
Maumere-SuaraSikka.com: Lembaga perwakilan rakyat di Kabupaten Sikka resmi memiliki pimpinan definitif. Ketua Pengadilan Negeri Maumere R.F. Sine Johnicol, R.F. Sine Johnicol, Selasa (29/10), resmi melantik Donatus David sebagai Ketua DPRD Sikka, serta Yoseph Karmianto Eri dan Gorgonus Nago Bapa sebagai Wakil Ketua DPRD Sikka.
Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan berlangsung dalam paripurna Sidang Istimewa di Gedung DPRD Sikka di Jalan Eltari Kelurahan Kota Uneng Kecamatan Alok. Paripurna dihadiri anggota DPRD Sikka Periode 2014-2019. Tampak hadir Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, Wakil Bupati Sikka Romanus Woga, pimpinan Forkopimda Sikka, aparatur dan sejumlah undangan.
Seremoni pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Pimpinan DPRD Sikka dikabarkan paling terakhir di Propinsi NTT. Padahal DPRD Sikka periode lima tahun ini dilantik paling awal pada 26 Agustus 2019 lalu. Itu berarti sejak dilantik dua bulan lalu, DPRD Sikka hanya dipimpin oleh Pimpinan Sementara.
Tiga Pimpinan DPRD Sikka yang dilantik merupakan utusan dari fraksi-fraksi. Donatus David adalah anggota Fraksi PDI Perjuangan, Yoseph Karmianto Eri adalah anggota Fraksi PKB, dan Gorgonius Nago Bapa adalah anggota Fraksi Partai Golkar.
Ketiganya juga adalah politisi-politisi yang punya posisi penting pada masing-masing partai politik. Donatus David merupakan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sikka, sementara Yoseph Karmianto Eri dan Gorgonius Nago Bapa merupakan petinggi partai politik di tingkat kabupaten.
PDI Perjuangan dan Partai Golkar merupakan dua fraksi yang menjadi langganan menduduki kursi Pimpinan DPRD Sikka selama 20 tahun terakhir. Pada Periode 1999-2004, palu pimpinan dipegang Fraksi PDIP melalui OLM Gudipung, didampingi AM Keupung dari Partai Golkar dan Stephanus Wula dari Fraksi Gabungan.
Fraksi Partai Golkar kemudian mengambilalih palu pimpinan pada 3 periode sesudahnya, yaitu periode 2004-2009 oleh AM Keupung, 2009-2014 oleh Rafael Raga, dan 2014-2019 oleh Rafael Raga kemudian dilanjutkan Gorgomius Nago Bapa.
Pada tiga periode itu, Fraksi PDI Perjuangan mewakilkan EP da Gomez(2004-2009), Alexander Longginus (2009-2014), dan Donatus David (2014-2019). Sementara satu unsur pimpinan lain yakni Agustinus Romualdus Heny dari Fraksi Gabungan (2004-2009), Felix Wodon dari Fraksi Partai Demokrat (2009-2014), dan Fransiskus Stephanus Say dilanjutkan Sufriyance Merison Botu dari Fraksi Partai Gerindra (2014-2019).
Setelah Pimpinan DPRD Sikka dilantik pagi tadi, agenda awal yang akan dilakukan yakni menetapkan Peraturan Tata Tertib DPRD Sikka dan Alat-alat Kelengapan DPRD Sikka. Dua agenda ini dijadwalkan berlangsung pada Rabu (30/10). Sesudah itu Badan Musyawarah DPRD Sikka akan menggelar rapat internal untuk membahas agenda kerja DPRD Sikka Tahun 2019.
Tugas DPRD Sikka yang terahir di tahun ini yakni bersama pemerintah membahas RAPBD Tahun 2020. Sekretaris Daerah Kabupaten Sikka Valentinus Sili Tupen yang diuhubungi di Gedung DPRD Sikka, Selasa (29/10), mengatakan pemerintah akan secepatnya mengajukan dokumen RAPBD Tahun 2020.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini