Laut Sawu Mengamok, Puluhan Rumah Rusak Parah

0
59
Laut Sawu Mengamok, Puluhan Rumah Rusak Parah
Bangunan rumah milik warga di Watutedang yang hancur dihantam gelombang pasang, Senin (28/10) malam
 Maumere-SuaraSikka.com: Laut Sawu di pantai selatan Kabupaten Sikka mengamok, Senin (28/10) malam sekitar pukul 21.00 Wita. Gelombang pasang setinggi 6 meter meluluhlantahkan puluhan rumah. Di antaranya tercatat 40 rumah warga Desa Watutedang di Kecamatan Lela.
Puluhan rumah di Desa Watutedang ini memang sering menjadi langganan korban gelombang pasang. Pemerintah daerah setempat sudah berupaya mencarikan jalan keluar untuk mengevakuasi warga. Namun hingga kini rencana evakuasi belum bisa terlaksana karena masih ada perbedaan-perbedaan pemikiran.
Sejak dihempas gelombang pasang tadi malam, warga Watutedang langsung melakukan evakuasi mandiri. Mereka rama-ramai mengamankan diri dan harta benda ke sebelah atas jalan menuju Desa Sikka. Sampai dengan siang tadi, warga belum berani kembali ke rumah, karena kuatir masih terjadi gelombang pasang. Menurut kepercayaan mereka, gelombang pasang biasanya terjadi tiga hari berturut-turut.
Laut Sawu Mengamok, Puluhan Rumah Rusak Parah
Ruas jalan di Dusun Bangboler putus akibat gelombang pasang
Selain di Watutedang, media ini mendapat kabar, gelombang pasang juga menghanyutkan ruas jalan yang di Dusun Bangboler Desa Hepang Kecamatan Lela. Ruas jaan itu menghubungkan Bangboler  hingga Desa Kolidetung. Praktis untuk sementara waktu, ruas jalan ini tidak bisa difungsikan.
Informasi lain menyebutkan gelombang pasang di Pantai Nenbura Kecamatan Doreng, juga membuat warga setempat menjadi panik. Pasalnya hempasan air laut sampai masuk ke halaman dan rumah penduduk. Warga setempat terpaksa mengevakuasi diri ke tempat yang lebih nyaman.
Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sikka Avelinus yang dihubungi di Maumere, Selasa (29/10), menjelaskan pihaknya sudah menurunkan sejumlah personil ke beberapa lokasi yang dikabarkan menjadi korban gelombang pasang. Dia mengatakan untuk sementara informasi yang diterima tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.
Dia mengatakan BPBD Sikka akan menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada warga masyarakat terkenda dampak bencana. Belum diketahui kapan bantuan tanggap darurat akan disalurkan karena smapai dengan siang tadi warga masyarakat terkena dampak bencana belum menerima bantuan tanggap darurat.***(eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini