Resmikan BTS USO di Aewora, XL Axiata Kibarkan Bendera Merah Putih

0
84
Resmikan BTS USO di Aewora, XL Axiata Kibarkan Bendera Merah Putih
Pengibaran bendera merah putih saat launching pemanfaatan BTS USO XL Axiata di Desa Aewora Kecamatan Maurole, Senin (28/10)
Ende-SuaraSikka.com: PT XL Axiata berhasil membangun sebuah BTS USO (universal service obligation) di Desa Aewora Kecamatan Maurole Kabupaten Ende Propinsi NTT. Pengresmiannya telah dilakukan pada Senin (28/10). Bendera merah putih pun dikibarkan di puncak tower.
Pengibaran bendera merah putih untuk memberikan gambaran bahwa warga desa setempat sudah mendapatkan kemerdekaan dari jaringan internet. Pasalnya sejak hadirnya teknologi komunikasi, warga desa setempat masih kesulitan mengakses jaringan internet.
Direktur Teknologi PT XL Axiata Yessy D Yosetya didaulat mengerek bendera merah hingga puncak tower. Dia didampingi Antonius David Dala, tokoh adat setempat, yang juga adalah pensiunan aparatur sipil negara. Tokoh adat ini yang menyerahkan secara sukarela lahan seluas 20×20 meter sebagai tempat dibangunnya BTS USO.
Yessy D Yosetya menegaskan bahwa PT XL Axiata sangat komitmen untuk membangun BTS pada daerah-daerah di luar Pulau Jawa. Komitmen ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat di daerah-daerah tertinggal, terluar dan terdepan atau 3T, yang kerap belum bisa menikmati jaringan internet seperti di Desa Aewora.
Resmikan BTS USO di Aewora, XL Axiata Kibarkan Bendera Merah Putih
Pengguntingan pita sebagai tanda pengresmian BTS USO XL Axiata di Desa Aewora
Asisten 1 Setda Ende Kornelis Wara menyebutkan pemerintah daerah selalu mendapat keluhan dari mayarakat. Keluhan yang paling dominan adalah masalah jalan, listrik, dan jaringan internet. Dan akibatnya masyarakat dengan ekstrim menyebut kondisi seperti itu sebagai bagian dari kehidupan yang belum merdeka.
Persoalan jalan dan listrik, kata dia, menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Pemerinah daerah terus melakukan terobosan untuk membangun infastruktur jalan. Sementara masalah listrik, dia karena tahun ini listrik sudah bisa menerangi semua desa di Kabupaten Ende.
Terkait jaringan internet, kata dia, masih banyak desa di Kabupaten Ende yang masuk dalam kategori blankspot. Untuk itu Kornelis Wara berharap mendapatkan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan selular seperti PT XL Axiata.
Pengresmian BTS USO dihadiri langsung Direktur Teknologi PT XL Yessy D Yosetya. Hadir juga saat itu antara lain Dhia Anugerah Febriansa dari Bakti (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kementerian Kominfo, Kepala Dinas Infokom Propinsi NTT Aba Maulaka, Asisten 3 Setda Ende Kornelis Wara, Kepala Dinas Infokom Kabupaten Ende Siprianus Rete, Dandim 1602 Ende dan Wakapolres Ende.
Aewora merupakan salah satu desa yang hingga kini kesulitan akses komunikasi melalui jaringan internet. Kondisi ini berbeda dengan desa-desa lain di sekitarnya. Akibatnya, warga setempat yang sudah memiliki handphone terpaksa harus rajin mencari signal ke desa-desa tetangga.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini