Romo Fidel Kritik Mekanisme Penempatan Guru PNS ke Sekolah Swasta

0
182
Romo Fidel Kritik Mekanisme Penempatan Guru PNS ke Sekolah Swasta
Kepala SMAS John Paul 2 Romo Fidelis Dua
Maumere-SuaraSikka.com: Kepala SMAS John Paul 2 Maumere Romo Fidelis Dua mengkritisi mekanisme penempatan guru pegawai negeri sipil (PNS) pada sekolah-sekolah swasta di Kabupaten Sikka. Mekanisme yang dilakukan selama ini disebutnya sebagai cacat hukum.
Hal ini disampaikan Romo Fidelis Dua dalam momen rapat koordinasi antara Bupati Sikka, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (PKO) Kabupaten Sikka bersama Pimpinan Yayasan Sekolah Swasta di Kabupaten Sikka, Kamis (7/11). Rapat koordinasi ini berlangsung di Aula Kantor Dinas PKO Sikka.
Romo Fidelis Dua mengatakan selama ini pemerintah dengan kewenangannya melakukan penempatan guru PNS ke sekolah-sekolah swasta. Penempatan dilakukan melalui Surat Keputusan yang dikeluarkan Bupati Sikka.
Kondisi ini, kata dia, sempat menjadi diskursus penting dalam Konferensi Sekolah-Sekolah Katolik Flores-Lembata belum lama ini. Dalam diskursus tersebut, para pelaku pendidikan pada sekolah-sekolah Katolik memandang mekanisme yang dilaksanakan selama ini kurang tepat.
Menurut dia, mekanisme seperti ini keliru, karena pemerintah sama sekali tidak melibatkan peran yayasan selaku penyelenggara pendidikan. Padahal, katanya, yayasan yang lebih mengerti kebutuhan pendidikan di sekolah, termasuk kebutuhan akan guru-guru PNS.
Karena itu dia mengusulkan mekanisme lain yang melibatkan peran serta dan tanggung jawab yayasan. Usulan yang dia sampaikan yakni yayasan mengajukan kebutuhan guru PNS kepada pemerintah. Setelah ada usulan, pemerintah mengeluarkan SK Bupati dengan mengirimkan guru PNS kepada yayasan. Yayasan yang menerima gutu ASN kemudian melakukan penempatan guru yang bersangkutan sesuai kebutuhan.
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo sependapat dengan usulan yang disampaikan Romo Fidelis Dua. Dia berjanji akan memperbaiki mekanisme yang sudah terjadi, di mana pemerintah tidak langsung menempatkan guru PNS ke sekolah-ekolah swasta, tetapi dikirim melalui yayasan.
“Nanti kita kirim ke yayasan, baru yayasan yang atur penempatannya. Ini lebih fleksibel, karena yayasan yang tahu kebutuhan,” jawab dia.
Terkait mekanisme yang sudah berjalan, Bupati Sikka memerintahkan Pelaksana Tugas Kepala Dinas PKO Sikka Mayella da Cunha untuk memperbaiki adminsitrasi penempatan guru-guru PNS. Dia memberikan waktu satu minggu untuk menyelesaikan administrasi.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini