Jelang Musim Banjir, Bupati Sikka Sidak Pekerjaan Drainase

0
172
Jelang Musim Banjir, Bupati Sikka Sidak Pekerjaan Drainase
Bupati Sikka sedang berbincang dengan Direktris CV Salvator, Senin (11/11)
Maumere-SuaraSikka.com: Tidak lama lagi musin hujan tiba, dan mengguyur Kabupaten Sikka. Beberapa titik lokasi di Kota Mumere sering kali menjadi langganan banjir. Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo pun melakujkan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi pekerjaan proyek drainase, Senin (11/11).
Bupati Sikka yang kerap disapa Robby Idong mendatangi pekerjaan drainase di Waidoko Kelurahan Wolomarang Kecamatan Alok Barat. Dia didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sikka Agustinus dan Kepala Bidang Kimtar Andy Pio.
Di lokasi proyek Robby Idong bertemu dengan kontraktor pelaksana dari CV Salvator dan konsultan pengawas dari CV Konindo. Dia mendapatkan informasi terkait pelaksanaan teknis pekerjaan drainase. Robby Idong mendorong agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu hingga jatuh tempo pelaksanaan pada 9 Desember 2019 mendatang.
Selain mendapatkan banyak informasi, pada sidak kali ini Bupati Sikka langsung melakukan uji coba aliran air melewati drainase yang baru dikerjakan. Air disemprotkan ke drainase dari sebuah tangki air dengan kapasitas 5.000 liter. Tampak air mengalir cukup baik di sepanjang drainase. Menurut konsultan pengawas, secara teknis, air yang berada di dalam drainase akan mengalir ke kali, sehingga tidak terjadi banjir pada musim hujan.
Kepada kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas, Bupati Sikka berjanji akan datang lagi pada 10 Desember 2019, tepatnya sehari setelah jatuh tempo pekerjaan. Pada saat itu dia akan melakukan uji coba sekali lagi. Jika aliran air tidak sempurna hingga ke kali, Robby Idong mengancam akan membongkar bangunan tersebut.
Wilayah Waidoko dan sekitarnya menjadi langganan banjir pada setiap musim hujan. Drainase sebelumnya tidak sanggup menampung debit air yang besar, sehingga air pun meluap sampai ke badan jalan. Luapan air bisa setinggi lutut orang dewasa. Kondisi ini sangat mengganggu lalulintas dan mobilitas kendaraan bermotor dan manusia. Jalur ini sangat strategis karena menghubungi wilayah pantai utara, hingga ke beberapa kabupaten tetangga.
Dari Waidoko, Bupati Sikka melakukan sidak pada pekerjaan drainase di samping Patung Kristus Raja di Kelurahan Kota Uneng Kecamatan Alok. Bupati Sikka hanya sebantar saja di lokasi proyek ini, bahkan dia sama sekali tidak turun dari mobil dinasnya.
Proyek drainase di Kelurahan Kota Uneng ini dikerjakan kontraktor pelaksana CV Bintang Pratama dengan konsultan pengawas yang sama yakni PT Konindo. Menurut Direktur CV Bintang Pratama Georgorius Kelan, pekerjaan proyek senilai Rp 454.441.500 ini sudah hampir rampung. Dia hanya tinggal melakukan finishing saja.
Kepala Dinas PUPR Sikka Agustinus Thomas Lameng menjelasnkan Bupati Sikka akan kembali meninjau proyek ini pada 10 Desember 2019, dan melakukan uji acoba aliran air. Dari pekerjaan teknis, aliran air pada drainase ini akan menuju ke laut, yang tidak jauh dari lokasi proyek.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini