Kunjungan Wisatawan ke Kabupaten Sikka Terus Meningkat

0
268
Kunjungan Wisatawan ke Kabupaten Sikka Terus Meningkat
Kepala Bidang Industri dan Ekraf Irmi Puli

Maumere-SuaraSikka.com: Upaya promosi pariwisata Kabupaten Sikka, salah satunya bertujuan untuk mendatangkan wisatawan ke daerah tersebut. Dua tahun terakhir ini, kunjungan wisatawan terus meningkat. Meskipun kunjungan tersebut tidak mutlak untuk kegiatan kepariwisataan.

Kepala Bidang Industri dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka Irmi Puli membeberkan statistik kunjungan wisatawan selama dua tahun terakhir ini ke Kabupaten Sikka. Di tahun 2017, katanya, tercatat 47.228 wisatawan, terdiri dari 10.454 wisatawan mancanegara dan 36.774 wisatawan nusantara. Jumlah kunjungan meningkat di tahun 2018 menjadi 50.212 wisatawan, terdiri dari 11.568 wisatawan mancanegara dan 38.644 wisatawan nusantara.

Basis data kunjungan wisatawan ini didapat dari laporan hotel dan tempat penginapan yang tersebar di seluruh Kabupaten Sikka. Untuk tahun 2018, rata-rata lama tinggal wisatawan di Kabupaten Sikka adalah 2,21 hari. Meski demikian, belum diketahui sejauh mana kehadiran wisatawan ke Kabupaten Sikka.

Irmi Puli menjelaskan selama ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sikka menerima laporan kunjungan wisatawan secara umum saja. Dia mengakui pihaknya belum mendata secara detail maksud dan tujuan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sikka. Karena itu dia tidak mengetahui secara pasti berapa banyak wisatawan yang berada di Kabupaten Sikka untuk kegiatan kepariwisataan sebagai dampak dari upaya promosi yang telah dilakukan.

“Kami menerima laporan secara umum saja. Belum ada data yang lebih detail, terutama terkait yang bersentuhan dengan kegiatan pariwisata,” ujar dia di Kantor Dinas pariwisata dan Kebudayaan Sikka, Selasa (12/11).

Irmi Puli menambahkan idealnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sikka memiliki data kunjungan wisatawan sesuai maksud dan tujuan kedatangan. Dengan demikian bisa diperoleh sejauh mana efek dari upaya-upaya promosi Kabupaten Sikka melalui pariwisata. Untuk itu dia berjanji ke depan akan memetakan lebih detail data kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sikka.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini