Erty Pega Gembira, Dukcapil Sikka Bakal Dapat Mobil Adminduk

0
156
Erty Pega Gembira, Dukcapil Sikka Bakal Dapat Mobil Adminduk
Suasana rapat Badan Anggaran, Selasa (10/12)
Maumere-SuaraSikka.com: Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sikka Martha Huberty Pega, Selasa (10/12), tampak gembira. Institusi yang dipimpinnya itu bakal mendapatkan mobil operasional perekaman administrasi kependudukan (adminduk) di tahun 2020 nanti.
Kegembiraan tersebut sangat beralasan karena anggaran belanja pengadaan mobil adminduk sebesar Rp 600 juta tidak masuk dalam dokumen RAPBD Tahun 2020. Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sikka mengakomodir usulan pengadaan mobil adminduk untuk percepatan pelayanan dan perekaman adminduk.
Awalnya, Martha Huberty Pega memberikan penjelasan terkait target pendapatan dan rencana program kegiatan di Dukcapil Sikka. Untuk pendapatan, institusi ini diberikan target pendapatan yang cukup tinggi, bertambah 24 persen dari target tahun sebelumnya.
Anggota Banggar Fraksi PDI Perjuangan Stefanus Sumandi tidak sependapat tambahan target pendapatan di Dispenduk. Menurut dia target pendapatan di institusi ini mestinya menurun tiap tahun, sehingga kinerja di institusi ini bisa terukur, dan adanya peningkatan kesadaran masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan. Selain meminta target pendapatan diturunkan, dia juga mengusulkan agar belanja di institusi ini dinaikkan.
Usulan Stefanus Sumandi mendapat respons positip beberapa anggota Banggar. Wakil Ketua Banggar Yoseph Karmianto Eri yang memimpin rapat langsung menawarkan usulan tambahan anggaran. Alfridus Melanus Aeng, anggota Banggar dari Fraksi PDI Perjuangan mendorong Dukcapil untuk tidak perlu ragu-ragu meminta tambahan anggaran untuk meningkatkan kinerja.
Mendapat kesempatan penting, Martha Huberty Pega menanggapi dengan usulan pengadaan mobil adminduk. Dia beralasan pelayanan dan perekaman adminduk harus terus menerus ditingkatkan, karena mengalami berbagai kendala.
“Kalau turun ke desa-desa, kami terpaksa bawa alat perekam dengan motor. Kondisi ini sangat memprihatinkan sekali,” keluh Martha Huberty Pega.
Atas usulan pengadaan mobil adminduk, Banggar pun mengakomodirnya. Usulan itu dicatat sebagai tambahan anggaran yang nantinya akan disetujui pada saat penyempurnaan anggaran di hari-hari terakhir rapat Banggar.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini