Leni Merasa Tidak Tenang Jika Telat Bayar Iuran

0
114
Leni Merasa Tidak Tenang Jika Telat Bayar Iuran
Leonarda Leni Parera
Maumere-SuaraSikka.com: Leonarda Leni Parera, 50 tahun, salah seorang peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 3 Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dia sudah terdaftar sejak tiga tahun lalu.
Perempuan separuh baya ini sudah 3 kali memanfaatkan kartu JKN-KIS-nya untuk berobat. Dia sangat bersyukur masih diberikan kesehatan sampai saat ini dan telah menjadi salah seorang yang berkontribusi terhadap kesinambungan program JKN-KIS.
Wanita yang memiliki sapaan akrab Leni ini pernah mendapat penanganan medis menggunakan kartu JKN-KIS mulai dari puskesmas dan rumah sakit.
“Sudah bagus (pelayanannya), tapi memang antrinya lama. Ya namanya juga banyak yang sakit, kita harus lebih bersabar menunggu biar petugas dapat bekerja dengan baik tanpa merasa terburu-buru,” ujar Leni.
Semua anggota keluarga sudah mendaftar Program JKN-KIS dengan iuran dibayar sendiri. Dia dan keluarga sama sekali tidak pernah menunggak.
“Kalau saya terlambat bayar 1 bulan saja, saya rasa berat setengah mati,” tambah Leni.
Salah satu warga Kabupaten Sikka ini juga mengungkapkan bahwa dirinya membayarkan iuran BPJS Kesehatan melalui Kantor Pos dan Giro Maumere. Dia mengaku terbantu karena salah satu penyewa kos di tempatnya bekerja di Kantor Pos.
“Kebetulan saya punya anak kos yang kerja di Kantor Pos, jadi waktu gajian tanggal 1, anak tersebut yang membayar iuran BPJS Kesehatan saya sekeluarga, dan nanti dipotong uang sewa kos,” ceritanya.
Leni selalu rutin membayar iuran karena merasa tidak pernah tahu kapan dirinya dan keluarganya akan sakit. Dia berharap program JKN-KIS dapat terus ada, karena manfaatnya sangat dirasakan masyarakat.
“Kita tidak pernah tahu kapan kita akan sakit. Dan semoga ke depannya program JKN-KIS semakin dapat memberikan layanan terbaik kepada peserta dan masyarakat,” harap dia. (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini