Maria Tidak Menduga Biaya Pengobatan Anaknya Ditanggung JKN-KIS

0
87
Maria Tidak Menduga Biaya Pengobatan Anaknya Ditanggung JKN-KIS
Susana Daniati Seno
Maumere- SuaraSikka.com: Susana Daniati Seno, gadis hitam manis kelahiran Maumere 13 tahun silam, mengalami cedera. Ati, sapaannya, disengat ular berbisa saat sedang bermain bersama teman-temannya di dekat rumahnya, akhir Oktober 2019 lalu.
Gadis malang itu segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Lebih beruntungnya lagi dia sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bantuan program pemerintah daerah setempat.
Setibanya di rumah sakit, Maria Pisilea Sea, ibu gadis ini, langsung menyodorkan kartu yang berwarna dominan warna hijau putih itu tersebut kepada petugas administrasi rumah sakit. Kemudian penanganan medis pun berjalan mulus, yang kemudian segera melakukan tindakan pengobatan.
“Dalam hati sedikit tenang karena sudah punya kartu JKN-KIS. Tapi belum yakin bisa dipakai atau tidak,” tutur Maria Pisilia Sea, yang setia mendampingi anaknya.
Orang tua Ati awalnya tidak pernah terpikir jika kartu JKN-KIS yang sebelumnya diterima dari pemerintah daerah dapat digunakan untuk penjaminan sakit akibat musibah mendadak tersebut.
Maria pun mengungkapkan bahwa ketika dilayani di rumah sakit dia merasa semua berjalan lancar tanpa dibeda-bedakan antara pasien umum maupun yang ditanggung pemerintah.
“Semua pasien, baik itu peserta JKN-KIS maupun pasien umum tetap diberlakukan sama. Kami sekeluarga merasa sangat bersyukur dengan adanya bantuan pemerintah yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. Karena kesehatan itu sangat berharga dan mahal harganya apalagi dengan sakit yang tidak kita duga seperti ini. Semoga atas jasa baiknya program ini, Tuhan yang membalasnya,” tutur Maria.
Maria pun berharap program JKN-KIS dapat berjalan terus dan semakin banyak orang yang akan mendapatkan manfaatnya.
“Di balik musibah yang kami alami, kami sangat bersyukur karena ada JKN-KIS. Terima kasih Tuhan, terima kasih JKN-KIS, terima kasih BPJS Kesehatan. Walaupun jarang digunakan, setidaknya kami sudah tenang karena sudah punya jaminan kesehatan,” ucap Maria. (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini