Mobile JKN, Aplikasi yang Memudahkan Peserta JKN-KIS

0
192
Mobile JKN, Aplikasi yang Memudahkan Peserta JKN-KIS
Ridwan Indra Budiman
Maumere-SuaraSikka: Di zaman digital ini semua serba canggih dan dimudahkan. Semua tidak perlu dilakukan manual dan tidak perlu butuh waktu lama. Hal ini juga dilakukan BPJS Kesehatan. Untuk memudahkan peserta maka dikembangkanlah aplikasi Mobile JKN.
Pada aplikasi ini terdapat berbagai fitur untuk peserta JKN-KIS mengakses kemudahan. Misalnya dalam perubahan fasilitas kesehatan (faskes), pemberitahuan tagihan, mengetahui tentang pelayanan, dan masih banyak lagi.
Manfaat Mobile JKN dirasakan Ridwan Indra Budiman, 23 tahun, seorang pegawai di salah satu BUMN di Kabupaten Sikka. Dia mengaku sekarang ini tidak perlu repot lagi kalau berobat. Alasannya karena kartu dapat diakses dengan Mobile JKN yang di dalamnya terdapat KIS Digital.
“Saya sekarang ke mana-mana tidak perlu lagi repot bawa kartu, karena ada fitur KIS Digital di dalam aplikasi Mobile JKN,” ujar dia.
Dia pernah kewalahan sebelum terdaftar pada Mobile JKN. Ceritanya dua tahun lalu saat masa kuliah, dia berencana mengubah fasilitas kesehatan karena akan berobat di tempat yang dekat dengan kampusnya.
“Saya pernah akan berobat di tempat yang dekat dengan kampus. Ternyata tidak bisa dilayani karena fasilitas kesehatan di kartu KIS saya bukan di tempat tersebut. Saya pun tidak jadi berobat dan kembali ke fasilitas kesehatan yang dekat rumah saya,” ujarnya.
Pengalaman ini sempat dia ceritakan kepada kakaknya. Lalu oleh kakaknya dia disarankan  men-download aplikasi Mobile JKN,” cerita dia mengingat kejadian  waktu itu.
“Saya download di Play Store, dan tidak lama. Cukup mengisi data pribadi yang diminta untuk diisi, seperti alamat email, nomor HP, dan banyak lagi. Setelah itu langsung terpasang aplikasi Mobile JKN. Saya coba cari fitur yang dimaksud kakak saya. Dan saya coba ubah fasilitas kesehatannya, alhamdulillah bisa dan akan aktif sesuai prosedur yang berlaku,” ceritanya puas.
Ridwan Indra Budiman merasa nyaman dengan mmengakses Mobile JKN. Jika dulu orang mengantri di kantor BPJS Kesehatan hanya untuk ubah faskes, ubah data diri, atau menanyakan iurannya berapa, sekarang dengan Mobile JKN semuanya bisa dilakukan sendiri dari rumah atau tempat kerja.(eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini